SITE STATUS
Jumlah Member :
484.465 member
user online :
1970 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kecurigaan Alergi

   

Kecurigaan Alergi
Oleh :


Dear dr. Tanti Retnowati Dok.. saya mau Tanya.. anak saya usia 6bulan.. seperti nya alergi makanan tertentu. Tapi sampai saat ini saya belum tahu makanan apa itu. Beberapa jenis yang saya curigai sebagai penyebab alergi di antara nya : beras merah,wortel,dan kaldu Awal mula anak saya makan beras merah di hari sabtu tgl 15 nov 2014. Anak saya makan bubur beras merah+kaldu daging+wortel kemudian saring harus. Hari minggu pagi kaki dan tangan anak saya bentol2, ada 12 bentol awal nya saya hitung. Lalu saya masak beras merah dan wortel saring halus lagi. Malam bentol anak saya jadi 18. Dan pagi ini ada lagi di muka bentol 1. Mohon bantuan nya dok, bagaimana tindakan pencegahan terbaik atasi alergi ini. Karena sampai saat ini saya belum bawa anak saya ke dokter. Terima kasih Salam, Jihan’s Mommy
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Reaksi alergi memang akan timbul bila sudah beberapa kali terpapar oleh alergen (penyebab alergi). Untuk pertamakali pemberian suatu bahan atau zat alergen, kemungkinan besar tubuh belum memberikan reaksi alergi karena sedang dalam proses pembentukan zat antibody. Reaksi alergi akan timbul setelah paparan selanjutnya. Bila Bunda sudah menemukan kemungkinan alergen terhadap anak Bunda, maka dapat mencoba untuk mengetahui lebih pasti dengan cara memberikan hanya satu jenis bahan yang dicurigai sebagai alergen tersebut selama beberapa hari. Bila timbul reaksi maka kemungkinan besar bahan tersebut menjadi alergen. Sebaiknya mencoba bahan-bahan tersebut satu persatu tidak sekaligus agar lebih pasti. Contoh; jika reaksi alergi pada anak Bunda sudah tidak ada saat ini, maka coba berikan hanya beras merah saja untuk beberapa hari atau bahkan hanya sekali saja bila reaksi hebat segera hentikan pemberian. Tidak mencampur dengan bahan yang dicurigai sebagai alergen lainnya. Bila sudah jelas ada reaksi atau tidak, pekan berikutnya bisa dicoba dengan bahan yang dicurigai lainnya dan seterusnya. Mohon diperhatikan bahwa alergi tidak hanya ditimbulkan oleh bahan makanan tetapi bisa juga dari bahan lain seperti detergent, pewangi pakaian, bahkan suhu udara panas ataupun dingin yang memicu reaksi alergi. Pencegahan yang paling tepat terhadap alergi adalah dengan tidak memberikan bahan alergen tersebut. Alergi hanya timbul bila terkena atau terpapar bahan-bahan penyebab reaksi alergi (alergen).
Bila anak Bunda masih mendapatkan ASI, berikan ASI sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan sistem imun yang baik bagi tubuhnya. Bila reaksi bertambah parah maka periksakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman