SITE STATUS
Jumlah Member :
493.789 member
user online :
1307 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

susah hamil

   

susah hamil
Oleh :


dok ... saya mau tanya nii, saya habis kuret karna polip rahim , sering pendarahan sa'at mens karna siklus mens gak normal, sekali mens 1 bulan lebih ,, sekarang rahim saya normal kok dok ,,, sperma suami saya juga bagus ... tapi kenapa saya gak hamil' ya ?? klo saya mandul, kenapa dokter bilang saya bisa hamil .... makasiih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Saya mengerti tentang kekhawatiran Bunda. Bila berbagai usaha pemeriksaan sudah dilaksanakan dan ternyata menunjukkan hasil yang dalam batas normal baik Bunda dan suami, maka usaha dan doa yang harus terus Bunda lakukan. ketahuilah masa subur Bunda. Berhubungan intim saat masa subur meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.
Masa subur hanya terjadi 1 kali dalam suatu rentang waktu. sel telur dapat bertahan selama 24-72 jam setelah dilepaskan oleh ovarium. Karena tergolong sulit untuk benar-benar memastikan kapankah tepatnya masa subur itu terjadi, maka dihitunglah suatu rentang waktu yang diperkirakan adanya masa subur.  
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Perkiraan masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18, (Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur.) Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11,( Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.)

Rajinlah berolahraga baik Bunda dan suami agar kesehatan selalu terjaga serta diimbangi dengan istirahat yang cukup. Makanlah makanan yang sehat (sayur mayur, buah-buahan, daging, ikan, susu , dll) dan segar. Hindari rokok dan alkohol. Semoga Bunda dan suami dapat segera diberikan buah hati.


   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman