SITE STATUS
Jumlah Member :
484.380 member
user online :
2121 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kista dan ingin hamil

   

Kista dan ingin hamil
Oleh :


salam kenal dok saya putri umur 25 thn saya sudah menikah selama satu thn tetapi belum dikaruniai anak... bulan kedua pernikahan, saya divonis kista sebelah kiri 4cm dan kanan 5cm... kista itu ditemukan tidak sengaja waktu saya usg untuk cek kondisi ginjal karena waktu itu ada sdikit permasalah kesehatan pada ginjal saya. setelah saya cek kedokter kandungan kata dokter saya tidak perlu khawatir karena kista yang saya derita bukan kista berbahaya katanya hanya kista fungsional yg akan hilang sendiri stlh 3-4 bln haid dan dokter hanya memberi saya vitamin E kemudian meminta saya utk datang lagi bln berikutnya kalau saya blm hamil bln berikutnya saya masih mens jadi saya datang lagi kata dokter kistanya sudah tinggal 1 dan dokter memberi saya obat yg sama. setelah itu saya tdk datang lagi karena saya pikir benar kata dokter kista saya tidak berbahaya dan hanya butuh usaha serta doa jadi saya putuskan untuk promil secara alami saja tapi setelah satu thn berlalu belum ada tanda kehamilan padahal saya sudah melakukan hubungan dimasa subur...pertanyaanya dok apakah kista tersebut yg mempengaruhi hingga saat ini saya blm hamil? tetapi selama satu thn saya tidak mengalami keluhan haid saya teratur dan tidak merasa nyeri. saya blm periksa kedokter lagi karena takut dok... kistanya blm hilang. apakah tidak adanya keluhan nyeri dll diatas bisa menandakan kista yg saya derita tidak berbahaya dok? terima kasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Jika Bunda berjauhan dengan suami, artinya tidak melakukan hubungan sexual dengan rutin 2-3 hari sekali. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.

Bila ingin mengetahui mengenai keadaan kista yang Bunda alami, maka dapat memeriksakan diri dengan bantuan USG. Bila siklus menstruasi Bunda terjadi dengan lancar, pada umumnya ovulasi juga terjadi dengan baik. Namun tidak ada salahnya untuk dilakukan follow up atas keadaan Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman