SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3145 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

MENGATASI BAYI YANG BINGUNG PUTING

   

MENGATASI BAYI YANG BINGUNG PUTING
Oleh :


Dok, anak sya sdh binggung puting, sejak lahir smpe skr usia 4bln dia minum sufor sll pke dot, karena asi sya tdk klr, skr sya ingin menyusui kembali, bagaimana carax mengatasi bayi yg bingung puting , setelah konsultasi dgn KL , dia menyarankan agar sya tetap menyusui lgs apapun yg terjadi, meski bayi menangis sampai histeris suruh biarin sja, karena bayi klo sudah lapar pasti mau dgn puting, apa itu benar dok ?? apa bayi sya tdk dehidrasi ?? kemarin sdh sya coba , tetapi bayi sya tetap tdk mau sama sekali dgn puting sya sampai dia menangis histeris, sampai kpn ank sya seperti ini dok ?? apa sya hrs terus memaksa dia agar mau puting sya lagi ?? sya takut bayi sya dehidrasi dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 

Ada beberapa persiapan yang dapat bunda lakukan untuk memperlancar ASI yaitu sebagai berikut: 

1.Membersihkan puting susu dengan air atau minyak, sehingga epitel yang lepas tidak menumpuk.
2.Puting susu ditarik-tarik setiap mandi, sehingga menonjol untuk memudahkan isapan bayi. 
3.Bila puting susu belum menonjol dapat memakai pompa susu atau dengan jalan operasi. 

Sebelum menyusui, cucilah tangan yang bersih dengan sabun, perah sedikit ASI dan oleskan disekitar puting, duduk atau berbaringlah dengan santai. Berikut ini adalah cara yang benar dalam teknik merangsang mulut bayi dan menyusui ASI:

 1. Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi menyanggah seluruh tubuh bayi; bukan hanya leher dan bahunya saja. Kepala dan tubuh bayi lurus, hadapkan bayi ke dada ibu, sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu lalu dekatkan badan bayi ke badan ibu, sentuhkan bibir bayi ke puting susu ibu dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar.
 2. Segera dekatkan bayi ke payudara sedemikian rupa sehingga bibir bawah bayi terletak di bawah puting susu. 
 3. Cara melekatkan mulut bayi dengan benar yaitu dagu menempel pada payudara ibu, mulut bayi terbuka lebar dan bibir bawah bayi membuka lebar.

Beberapa tanda bahwa teknik menyusui telah benar adalah; bayi tampak tenang, badan bayi menempel pada perut ibu, mulut bayi terbuka lebar, dagu bayi menempel pada payudara ibu, sebagian aerola masuk ke dalam mulut bayi (terutama aerola bagian bawah), puting susu tidak terasa nyeri, telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus, kepala bayi agak menengadah. 

Menyusui dengan teknik yang benar akan menghasilkan ASI yang keluar optimal sehingga bayi anda tidak enggan untuk menyusu di waktu selanjutnya. Hindari pemakaian dot/empeng karena kemungkinan bayi akan menjadi “bingung puting”. Bila Bayi masih belum bisa meminum melalui payudara Bunda sama sekali setelah mencoba secara maksimal, lebih baik memerah ASI dan memberikan pada bayi menggunakan sendok untuk mencegah bayi dehydrasi. Cobalah terlebih dahulu melalui payudara setiap kali akan memberikan ASI agar bayi terbiasa. Saran saya, anda dapat mendapatkan pelatihan mengenai teknik menyusui di klinik laktasi RS setempat, demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman