SITE STATUS
Jumlah Member :
485.665 member
user online :
1381 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Seputar Kehamilan 17mgg

   

Seputar Kehamilan 17mgg
Oleh :


Sore dokter... dok saat ini sy hamil 17mgg... itu brp bulan ? 1. dok...apakah suntik TT itu di haruskan di saat kehamilan, apa sebab dan akibat nya jika blm suntik TT. krn klu di dokter spesialis kandungan sy ktny tdk perlu suntik sementara klu k bidan di suntik TT. sy sendiri sebenarnya takut di suntik dok... mohon penjelasannya. 3. Apakah berbahaya jika masih berhubungan intim dg suami di usia kehamilan sy dan apakah benar tdk boleh jika sperma nya di keluarkan didalam rahim jika hamil. knp dok...? Dok, tolong dibantu penjelasan dr pertanyaan sy yaa... makasih sebelumnya.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Untuk menghitung usia kehamilan memang lebih mudah dan lebih banyak dilakukan dalam hitungan pekan (per minggu) sesuai dengan tahapan perkembangan kehamilan. Bila Bunda ingin merubah dalam hitungan bulan, maka jumlah minggu dapat dibagi 4 karena dalam 1 bulan terdapat 4 minggu. Jadi, pada kehamilan 17 minggu dapat dikatakan kehamilan sekitar kurang lebih 4 bulan. 

Imunisasi pada ibu hamil yang perlu dilakukan adalah imunisasi TT (tetanus toxoid), TT pertama dapat diberikan sejak di ketahui positif hamil dan TT yang kedua minimal 4 minggu setelah TT yang pertama. Sedangkan batas terakhir pemberian TT yang kedua adalah minimal 2 minggu sebelum melahirkan. Imunisasi TT ini bertujuan mencegah terjadinya kejang pada ibu dan bayi akibat tetanus pada masa persalinan. Cegahlah terjadinya tetanus dengan melakukan imunisasi ini.

Apabila anda tidak mengalami penyulit dalam kehamilan seperti: plasenta letak rendah, perdarahan vagina, keluarnya cairan ketuban, ataupun resiko keguguran, maka diperbolehkan melakukan hubungan intim dengan posisi yang dianggap nyaman untuk Anda lakukan. Pada umumnya posisi hubungan intim dengan suami anda dari belakang atau menyamping dapat dengan nyaman dilakukan. Meskipun ada beberapa pendapat bahwa sperma mengandung hormone yang mengakibatkan terjadinya kontraksi rahim dan berefek keguguran terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Konsultasikan kepada dokter Anda mengenai kesehatan kehamilan Anda untuk memastikan tidak ada komplikasi yang akan terjadi dari berhubungan intim.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman