SITE STATUS
Jumlah Member :
485.665 member
user online :
1544 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Benjolan pada payudara

   

Benjolan pada payudara
Oleh :


hai dokter Tanti,,, nama saya Dina,,sekitar dua bulan terakhir saya sering ada keluhan sekitar dada dan payudara,,, payudara sebelah kiri sering terasa panas dan sakit, kalau diraba tidak ada benjolan tapi kalau agak ditekan ada benjolan kecil, dan hari ini dari subuh hingga saya menulis pertanyaan ini payudara kiri saya dering ada getaran. oh ya sebelumnya payudara saya sering sakit jika menjelang haid, tapi belakangan ini haidnya dah selesai tapi payudara kiri masih sering sakit. mohon penjelasannya bu dokter, kira-kira kenapa ya dengan payudara kiri saya. sebelumnya terimakasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

 Untuk mengetahui apakah suatu benjolan itu jinak atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan fisik. Dokter akan mengetahui tanda-tanda apakah tumor ini ke arah jinak atau ganas melalu ciri-ciri fisik benjolan tersebut. Namun hal tersebut harus dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan Mammografi. Pada kasus-kasus tertentu diperlukan pemeriksaan biopsy. Pada pemeriksaan biopsy akan diambil sebagian sample (contoh) jaringan tumor tersebut dan diperiksa sel-selnya, dari sana akan di ketahui apakah sel tersebut ganas atau tidak. Pada umumnya bila tumor tersebut tidak ganas, maka tidak akan dilakukan tindakan pengangkatan, namun beberapa pasien merasa tidak nyaman dan ingin dilakukan tindakan pengangkatan tumor. Bila Anda telah melalui fase-fase pemeriksaan dan tumor tersebut di nyatakan jinak, maka yang Anda perlu lakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin untuk memonitor perkembangan tumor tersebut. 
Perhatikan apabila ada tanda-tanda suatu keganasan pada payudara antara lain: terdapat benjolan pada payudara ataupun pada daerah ketiak, pembengkakan pada daerah payudara atau ketiak, rasa nyeri pada daerah tersebut, perubahan warna kulit, keluar cairan dari puting susu, puting susu yang masuk ke dalam, terdapat pitted skin (pori pori yang melebar) pada daerah payudara atau puting susu. Tidak perlu cemas sehingga takut untuk memeriksakan diri kepada dokter, saya berharap agar Anda melakukan pemeriksaan sedini mungkin akan lebih baik dalam penanganan suatu keadaan kesehatan. 

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman