SITE STATUS
Jumlah Member :
484.103 member
user online :
2425 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bagaimana kehamilan dapat terjadi?

   

Bagaimana kehamilan dapat terjadi?
Oleh :


Dok mau tanya. Jika hanya sel sperma sja yg dikeluarkan oleh pria tetapi si wanita tidak mengeluarkan sperma apa bisa terjadi kehamilan..? Klau misalkn bisa hamil. Ap bayinya bsa tumbuh sehat karna hnya dhasilkan dr sperma lelaki sja tdk ad dri si permpuan.? Tlg dijawab dok. Trima ksih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,


  Spermatozoa adalah suatu sel yang diproduksi oleh organ reproduksi laki-laki dan hanya dimiliki oleh laki-laki.

   Sedangkan sel telur adalah sel yang dihasilkan oleh organ reproduksi perempuan. Sel telur ini akan dilepaskan pada saat masa subur wanita.

Kehamilan dapat terjadi jika sperma (dari pihak laki-laki)  bertemu dengan sel telur( yang dihasilkan oleh pihak perempuan)  dalam suatu hubungan intim atau sanggama. 

Sel telur akan dilepaskan pada masa subur, untuk itu ketahuilah masa subur Anda.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur.
 Pada siklus yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur dapat terjadi di antara hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Saat-saat inilah kemungkinan terjadinya pelepasan sel telur oleh seorang wanita.

Namun ada juga yang siklus menstruasinya tidak teratur bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. 

  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. 
Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman