SITE STATUS
Jumlah Member :
484.423 member
user online :
2264 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

keluhan kehamilan 19 minggu

   

keluhan kehamilan 19 minggu
Oleh :


sore dok, saya mau nanyak dok, kehamilan saya sekarang memasuki usia 19 minggu.. keluhan yang mau saya tanyakan adalah : *)wajarkah bila saya saat ini mengalami sakit pinggang sampai bokong yg berlebihan..?? *)wajarkah bila saat ini kaki saya sudah mulai membengkak, karena setahu saya kaki pd bumil mulai membengkak jika kehamilan sudah 8 bulanan..?? mohon infonya ya dok... terimakasih..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda

Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada derah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side). Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini. 
Mengenai pembengkakan pada ujung-ujung alat gerak tubuh masih di anggap normal karena adanya penumpukan cairan tubuh. Ketika hamil, volume cairan tubuh bertambah , dan hal ini dapat menyebabkan menumpuknya cairan pada ujung-ujung tubuh seperti tangan dan kaki, lakukan gerakan memompa dengan menekuk dan meluruskan jari tangan dan tungkai kaki. Pembengkakan pada anggota gerak tubuh juga harus di waspadai bila tekanan darah turut meningkat, dapat dicurigai kepada keadaan Pre-eklampsia. Selalu rajin memeriksakan kondisi Bunda pada Bidan atau Dokter Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman