SITE STATUS
Jumlah Member :
485.675 member
user online :
1011 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Susu untuk tulang

   

Susu untuk tulang
Oleh :


Dok mau nanya ada ga susu tulang buat anak usia 4th seperti hilo gtu dan bagus ga??saat ini susunya childschool maksud saya biar tumbuhnya ke atas bukan kesamping,terima kasih dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Kesehatan tulang sejak kecil memang harus dijaga dengan baik. Cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah melalui asupan nutrisi yang baik, akitifitas fisik yang baik (contohnya rajin olahraga) dan menjaga kesehatan secara umum. Asupan nutrisi yang sangat membantu kesehatan tulang contohnya adalah susu, bahan olahan susu seperti keju, yoghurt dan lainnya (sayur-sayuran, buah-buahan dan daging ikan).

Kebutuhan kalsium tubuh memang berbeda-beda tergantung dari usia manusia. Kebutuhan harian kalsium adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia:

            Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg

            Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg

            Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg

            Remaja usia 11 s.d. 24 tahun: 1.200 mg

 

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh ini, maka pemilihan sumber makanan alami sebaiknya diperhatikan agar kita tidak kekurangan asupan kalsium. Beberapa contoh makanan dan kandungan kalsium yang terkandung di dalamnya antara lain:

Susu satu cangkir (350 mg)

Segelas jus jeruk (290 mg)

Satu kerat keju (200 – 250 mg)

Sepotong pizza (230 mg)

Sekaleng sarden (185 mg)

Setangkup es krim (90 mg)

Secangkir brokoli (76 mg)

Sepotong besar tahu/tempe (258 mg)

Suplemen tambahan untuk multivitamin dan mineral termasuk kalsium, dapat menjadi salah satu sumber dalam pemenuhan nutrisi tubuh. Namun, sebaiknya diperhatikan sumber makanan alami terlebih dahulu sebagai sumber utama pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh, perhatikan juga kadar nutrisi yang terkandung di dalam suplemen tambahan agar tidak menjadi berlebihan.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman