SITE STATUS
Jumlah Member :
484.219 member
user online :
2535 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Wasir, apakah mengancam jiwa? apa yang harus dilakukan?

   

Wasir, apakah mengancam jiwa? apa yang harus dilakukan?
Oleh :


23 hari yang lalu, aku habis melahirkan dok... dan memang aku akui waktu persalinan aku ngejan terlalu kuat, maklum ngelahirin anak pertama jd aku tak tahan dengan rasa sakitx jadi gak denger dengan perintah ibu bidan. sejak sudah melahirkan aku jadi susah untuk BAB dok, "Pup"nya susah keluar jadi sempat 1 kali aku ngejan terlalu kuat, saat mau BAB hingga akhirnya "Pup" nya keluar bercampur darah serta rasa sakit yang luar biasa pada daerah anus.. hingga sekarang aku merasa gak nyaman ketika mau BAB,tersiksa bgt dan akhirnya aku baca artikel ttg wasir, tanda2 wasir yang aku baca diartikel itu seluruhnya ada terjadi pada diriku, dok :( . Aku pun udh periksa diri, dan memang ada 1 benjolan kecil pada anusku dok. dan kadang ada rasa gatal pada dubur, sejak itu aku merasa hidupku tidak tenang... selalu dihantui dengan rsa sakit seumur hidup yg harus kuhadapi ketika ingin BAB, sampai2 aku nangis sendirian ketika mengingat hal itu... pertanyaan saya apakah itu betul yah dok, itu wasir eksternal?? trus apa yang saya harus lakukan dok agar BAB saya lancar lagi serta menghilangkan Wasir ini secepatnya sebelom parah (jika benar saya terindikasi wasir), dan pertanyaan terakhir... apakah wasir bisa menyebabkan kematian y dok? atas jawabannya aku ucapkan banyak terima kasih...
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Apabila Bunda mengejan dengan kuat seperti sedang dalam proses melahirkan atau terjadi konstipasi sehingga mengejan kuat. Mengejan kuat menyebabkan tekanan di dalam rongga perut meningkat dan menyebabkan vena pada saluran pencernaan di sekitar anus membengkak dan menonjol. Letak dari wasir ini terbagi menjadi internal dan eksternal, untuk mengetahui jenis ini maka memerlukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Penanganannya dapat dengan obat-obatan pada kasus yang ringan hingga operasi pada kasus yang lebih berat.
Penyebab pasti wasir tidak diketahui secara pasti, namun hal yang menjadi pemicu adalah meningkatnya tekanan di dalam rongga perut (intra-abdomen), makanan rendah serat sehingga mengakibatkan konstipasi, kurang aktifitas, lebih banyak duduk dan lain-lain. Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan BAB tepat waktu setiap hari di waktu yang sama, menghindari dehydrasi, memakan makanan berserat dan aktifitas yang seimbang (olahraga). Wasir dapat menyebabkan perdarahan dan memberikan komplikasi yaitu anemia bila selalu terjadi perdarahan, namun tidak mengancam jiwa secara langsung. 
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman