SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3062 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Minum pil KB cegah kehamilan

   

Minum pil KB cegah kehamilan
Oleh :


apakah siklus haid wanita dengan menggunakan pil kb menjadi panjang? bagaimana seharusnya saya menggunakan pil kb ini supaya tidak hamil? mengingat usia saya sudah tdk ideal untuk hamil lagi. terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab



Dear bunda,


Pil KB yang umumnya dapat ditemui di apotik adalah pil KB yang mengandung kombinasi antara hormon progestin dan hormon estrogen maupun hanya hormon progestin tunggal saja. Pil KB hormonal kombinasi pada umumnya tidak mempengaruhi siklus menstruasi, karena pada 7 hari tidak meminum pil KB tersebut maka akan terjadi perdarahan atau dianggap sebagai menstruasi. Sedangkan penggunaan pil KB hormonal tunggal, dapat terjadi gangguan atau ketidateraturan siklus menstruasi, pada umumnya pil ini digunakan oleh ibu menyusui (Pil KB laktasi).
Cara meminum pil Kb kombinasi, apabila dalam kemasan disertai 21 pil KB berisi hormon dan 7 pil tablet salut gula tanpa hormon, maka jika Anda meminum setelah haid selesai, mulailah dengan salah satu dari 21 pil KB yang mengandung hormon. Gunakan petunjuk nama hari pada kemasan  untuk disesuaikan dengan hari saat Anda meminum pil tersebut. Apabila anda memulai minum pil KB sejak hari pertama menstruasi, maka gunakan pil salut gula (salah satu dari 7 pil tanpa hormon) pada kemasan pil KB tersebut. Pada saat meminum 7 tablet salut gula, akan timbul perdarahan atau menstruasi. Lanjutkan meminum pil hormonal kemasan baru setelah tablet salut gula ke-7 meskipun perdarahan masih terjadi.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman