SITE STATUS
Jumlah Member :
484.373 member
user online :
2148 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Alergi Susu

   

Alergi Susu
Oleh :


dok, mau tanya nih..anak q kan dah umur 3 th, sejak umur 6 bln alergi susu sapi dan sampae sekarang minumnya sufor yang soya(nutrilon soya). berhubung dah 3 thn saya mencoba mau saya campur dgn sufor yang sapi(dancow 3+). 1-2 minggu pertama tidak ada keluhan tapi minggu selanjutnya kok BABnya lembek/diare gitu..apa mungkin sufor sapinya gak cocok gitu dok..trus kira2 klau saya mau ganti kira2 sufor sapi apa yang cocok ya dok? terimakasih sebelumnya..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Intoleransi laktosa adalah kelainan percernaan tidak dapat mencerna susu dengan baik. Biasanya terjadi pada usia 1-2 minggu setelah kelahiran bayi (bersifat sementara tetapi terkadang menetap) namun hal ini amat jarang dan biasanya terjadi pada bayi premature. 
Tanda dan gejala intoleransi laktosa adalah mengalami diare , kram perut, buang gas pada 30 menit sampai 2 jam setelah menyusui

Alergi susu sapi adalah suatu keadaan bawaan sejak lahir, sistem imun anak Anda membuat antibodi terhadap susu sapi yang dikonsumsinya. Gejala dan tanda yang dapat timbul pada alergi susu seperti timbul kemerahan pada kulit, disertai rasa gatal, dapat timbul bersin dan pilek bahkan samapai sesak nafas. Bila mengalami alergi susu sapi maka alternative pengganti susu sapi adalah susu kedelai ataupun susu formula terhidrolisa. Timbulnya reaksi alergi susu sapi ini dapat membaik dengan sendirinya pada usia anak 3-5 tahun, namun dapat juga menetap sampai ia dewasa. Untuk mengetahui apakah anak Anda menderita alergi susu sapi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan dapat dilakukan test penyebab alergi yaitu skin test dengan alergen susu sapi. Apabila ternyata anak Anda dinyatakan menderita alergi susu sapi, maka ia harus dihindarkan dari makanan dan minuman yang mengandung susu sapi. 

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman