SITE STATUS
Jumlah Member :
500.958 member
user online :
675 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Virus hepatitis

   

Virus hepatitis
Oleh :


Dok, apakah virus hepatitis bisa menyerang ibu hamil?apa tanda2 dan penyebab virus bisa menyebar ke ibu hamil? temen saya hamil 6 bulan meninggal, kata dokter terserang virus hepatitis. mohon info yang detail bagaimana cara menghindari virus tersebut?terimakasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Hepatitis merupakan peradangan pada organ hati yang dapat disebabkan oleh adanya infeksi (oleh jamur, bakteri, virus maupun parasit lain) atau penyebab non-infeksi ( seperti alkohol, obat-obatan, penyakit metabolik dan lain-lain). Infeksi virus hepatitis yang umum terjadi disebabkan oleh virus hepatitis A, virus hepatitis B dan virus hepatitis C. Ketiga virus ini dapat menyebabkan penyakit akut dengan gejala dan tanda mual, muntah, nyeri pada bagian abdomen (perut), rasa lelah, lemah, dan kekuningan (jaundice). Virus hepatitis B dan C dapat mengakibat infeksi kronik sampai pada keadaan sirosis hepatik dan kanker hati.

Hepatitis A disebabkan oleh virus dan ditemukan dalam kotoran (tinja). Penyebarannya melalu air dan makanan yang terpapar oleh kotoran yang mengandung virus hepatitis. Penyakit ini umum ditemukan dan tidak seberat jenis hepatitis lainnya (hepatitis B dan C). Gejala terjangkitnya penyakit hepatitis A adalah gejala “mirip flu” yaitu lemas, mudah lelah, nafsu makan menurun, demam ringan, rasa tidak nyaman pada perut, nyeri pada otot, bahkan ada yang bergejala kulit menguning, air seni berwarna coklat pekat. Cara penyembuhan penyakit ini, biasanya akan sembuh dengan sendirinya, konsumsi lah banyak cairan dan makanan yang bergizi. Pencegahan dilakukan dengan cara imunisasi, selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan terutama setelah bersentuhan dengan orang lain atau mengunakan fasilitas publik, pastikan kebersihan makanan dan minuman yang anda konsumsi.
 

Hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui transfusi darah, penyakit menular sexual,menular melalui persalinan antara Ibu kepada janin,atau tanpa diketahui.

Cara pencegahan terbaik adalah dengan cara imunisasi. Untuk calon ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter dalam hal ini. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan agar selalu terhindar dari infeksi penyakit.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman