SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3411 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi 0 - 3 bulan sering muntah, 1 - 2 kali dalam sehari

   

Bayi 0 - 3 bulan sering muntah, 1 - 2 kali dalam sehari
Oleh :


Dear Dokter, Saya mempunyai seorang anak yang berusia 2,5 bulan dgn BB 5 kg, dan dari lahir tidak minum ASI (susu formula) dikarenakan ASI tidak keluar. sejak usia 1 bulan dia sering muntah setelah minum sufor, muntahnya memang tidak setiap diberikan sufor, namun muntah bisa terjadi 1 - 2 kali saja dalam 1 hari dan dalam jumlah banyak. Yang saya tanyakan apakah ini berbahaya Dok? dan apa penyebabnya? karena menurut orang tua saya itu hal biasa, namun saya khawatir dengan kesehatannya. Dan apakah BB untuk anak sesuianya normal? Mohon tanggapannya Dok. Terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 
 
Apabila bayi anda muntah setelah minum susu , perhatikan beberapa hal seperti di bawah ini;
• Sendawakan bayi selama dan setelah pemberian susu. Bila bayi diberi susu, sendawakan setiap kali akan berpindah ke payudara lainnya. 
• Susui bayi dalam posisi tegak lurus, dan bayi tetap tegak lurus selama 20-30 menit setelah disusui. Pastikan ketika memberikan susu dengan botol susu, tidak ada udara yang terhisap. tegakkan botol ketika anak Bunda sedang menyusu sehingga cairan susu memenuhi isi dot, dan bukan udara.
• Jangan didekap atau diayun-ayun sedikitnya setengah jam setelah menyusu.
 
Apabila ada tanda-tanda lain menyertai muntah tersebut seperti rewel, demam, tampak, kesakitan atau tidak nyaman pada perutnya, gangguan BAB, maka segera periksakan bayi anda kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman