SITE STATUS
Jumlah Member :
481.969 member
user online :
1978 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sel Telur

   

Sel Telur
Oleh :


Siang Dok :-) Dok mau tanya dunk, apakah benar sel telur pada wanita hanya ada pada saat wanita dalam masa subur dan jika tidak pada saat masa subur sel telur itu tidak ada ya. makasih ya dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Di dalam setiap ovarium yang normal telah memiliki oosit  sejak dalam masa embrio dan akan berkembang menjadi ovum (sel telur matang) ketika mencapai masa pubertas. Setelah memasuki masa pubertas, seorang perempuan akan mulai mendapatkan siklus menstruasi dan pada masa suburnya melepaskan satu sel telur yang telah matang dan siap di buahi. Masa subur terjadi satu kali pada setiap siklus menstruasi dan sulit untuk diketahui kapan tepatnya terjadi, maka itu dapat diperkirakan rentang masa subur dan pelepasan sel telur terjadi pada salah satu hari di dalam masa subur tersebut.
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Perkiraan masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18, (Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur.) Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11,( Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.)
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman