SITE STATUS
Jumlah Member :
492.542 member
user online :
1146 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pinggul Sempit

   

Pinggul Sempit
Oleh :


sore dok..saya mo nanya kata dokter pinggul saya sempit,tapi dia mengukurnya dengan memasukkan jari ke vagina saya..bukan dengan alat..apakah itu sudah akurat dok..trus kalo saya rajin senam apa ada kemungkinan saya bisa mlahirkan normal? brat janin sekitar 2,9 kg dan ini anak prtama. tinggi badan saya 1.49 dgn brt bdn sblm hmil 47 skrg 59..makasih sebelumnya dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
 
Perkiraan panggul sempit dapat diperoleh dari pemeriksaan umum dan anamnesa. Misalnya penderita kelainan pada tulang belakang. Pada wanita dengan tinggi badan yang kurang dari normal ada kemungkinan memiliki kapasitas panggul sempit, namun bukan berarti seorang wanita dengan tinggi badan yang normal tidak dapat memiliki panggul sempit. Dari anamnesa persalinan terdahulu juga dapat diperkirakan kapasitas panggul. Apabila pada persalinan terdahulu berjalan lancar dengan bayi berat badan normal, kemungkinan tidak memiliki panggul kecil
Melalui pengukuran panggul (pelvimetri) dengan tangan dapat diperoleh ukuran kasar pintu atas dan tengah panggul serta memberi gambaran jelas pintu bawah panggul. Adapun pelvimetri luar tidak memiliki banyak arti (memperkirakan ukuran panggul dari permukaan tubuh, bukan pemeriksaan dalam).
 
Pelvimetri radiologis dapat memberi gambaran yang jelas dan mempunyai tingkat ketelitian yang tidak dapat dicapai secara klinis.  Tetapi pemeriksaan ini memiliki bahaya pajanan radiasi terutama bagi janin sehingga jarang dilakukan. Pelvimetri dengan CT scan dapat mengurangi pajanan radiasi, tingkat keakuratan lebih baik dibandingkan radiologis, lebih mudah, namun biayanya mahal. Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan dengan MRI dengan keuntungan antara lain tidak ada radiasi, pengukuran panggul akurat, pencitraan janin yang lengkap. Pemeriksaan ini jarang dilakukan karena biaya yang mahal.  Dari pelvimetri dengan pencitraan dapat ditentukan jenis panggul, ukuran pangul yang sebenarnya, luas bidang panggul, kapasitas panggul, serta daya akomodasi yaitu volume dari bayi yang terbesar yang masih dapat dilahirkan spontan.
 
Apabila diagnosa ukuran panggul sempit telah ditegakkan, maka untuk menghindari komplikasi persalinan, direncanan untuk seksio caesaria.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman