SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2165 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Program Tiup Tuba

   

Program Tiup Tuba
Oleh :


dok, sy haid terakhir tgl 9maret dan setelah dicek dktr trnyt hml, tp tgl 25 apr ngalami pendarahan & setelah dicek trnyt hamil di luar kandungan posisi janin ada d tuba palopi & hr itu jg sy menjalani operasi.sm dokter yg menangani sy disuruh awal juni(setelah selesai mens) u dtg lg u menjalani program tiup. sebenarny program tiup itu apa? thx y dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Ada beberapa pemeriksaan ataupun tindakan yang dilakukan untuk memeriksa dan sekaligus terapi (ataupun tindakan terapi tersendiri) yang berhubungan dengan Uterus, ovarium dan saluran Tuba.

 Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen. 

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kedua tindakan tersebut, selain bertujuan untuk pemeriksaan juga mempunya efek terapi, karena sumbatan ataupun radang pada saluran tuba yang biasanya turut membaik karena pemeriksaan ini.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman