SITE STATUS
Jumlah Member :
482.259 member
user online :
2583 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bekas suntikan BCG

   

Bekas suntikan BCG
Oleh :


malam dok, anak saya 11 bln, bb 7,4kg skrng makannya susah. saya periksakan k dokter anak sudah d periksa mulut, d dekat telinga, dada(pake stetoskop, mgkn jantungnya) ktnya baik. terus d kasih sirup penambah nafsu makan n vitamin u/ memperbaiki pencernaan tapi sudah 2 mggu mknnya msh susah. trs saya hrs gmn dok? # dok bekas imunisasi bcg ank saya d lengan bagian kanan msh berwarna biru smpai skrg apakah biasa/ ada masalah dok? apakah itu yg mempengaruhi nafsu makannya? saya tungggu jawabannya, terima kasih dok?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Setelah penyuntikan imunisasi BCG akan tampak suatu benjolan pada bekas suntikan yang dilakukan secara sub kutan (di bawah kulit). Benjolan ini tampak meradang dan terkadang mengeluarkan cairan atau nanah. Hal ini wajar terjadi. Bersihkan lelehan nanah atau cairan tersebut dengan kassa steril, tidak menekan atau mengeluarkan cairan tersebut. Benjolan dan parut bekas suntikan BCG akan menghilang dalam beberapa bulan setelah penyuntikan tersebut. 

Mengenai nafsu makan yang menurun, Bunda dapat memberikan variasi menu makanan yang menarik untuk disajikan kepada anak Bunda. Beberapa tips yang bisa Bunda coba antara lain:


  • Membentuk makanan menjadi saus atau krim. 

    Anak-anak suka mencelupkan jari ke makanan, karena itu bentuklah makanan menjadi seperti krim atau saus yang beraroma. Misalnya, dengan melumatkan avokad, menghaluskan buah-buahan atau sayuran yang dimasak dengan bumbu sedikit saus salad, melumatkan kacang panjang atau buncis tanpa serat, melumatkan tahu, atau membuat krim keju halus.

  • Membuat selai. 

    Olesan pada makanan juga disukai balita, yang umumnya berwujud selai. Buatlah selai dari avokad, keju, saus daging, mentega kacang, atau selai buah-buahan. Oleskan pada biskuit, kue-kue kering, dan roti. 

  • Menghias makanan. 

    Bentuk yang menarik juga disukai balita. Selain itu, Anda juga bisa mengakali makanan yang tidak disukai balita menjadi dimakan dengan cara meletakkannya di bawah makanan yang mereka sukai. Jadi, bila ia tidak suka sayuran, letakkan sayuran di bawah topping yang menarik, seperti keju, saus tomat, saus daging, mentega kacang, dan sebagainya, dan bentuklah dengan bentuk binatang, bulat,atau hati, sesuai selera. 

  • Sering mengubah menu. 

    Dalam hal ini, Anda dituntut untuk bersikap fleksibel ketika mempersiapkan menu dan menyajikan makanan. Bila teknik penyajian tidak berhasil, ubahlah menunya. Cobalah berbagai teknik yang berbeda dan jenis makanan yang lebih variatif.



     










  •  
  •  


  •  
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman