SITE STATUS
Jumlah Member :
484.470 member
user online :
1690 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bilirubun Tinggi

   

Bilirubun Tinggi
Oleh :


Siang dokter... dihari ke-3 umurnya anak laki-laki saya harus dirawat inap karena bilirubin tinggi yakni 19, setelah 4 hari kemudian menjadi 11. Sekarang di usianya ke-24 hari masih ada sedikit kuning di mata. Bagaimana cara untuk menyembuhkan lebih dan menetralkan bilirubinnya serta apakan betul tidak baik apabila bayi diimunisasi (bahaya)?
   
 
dr. Tanti menjawab


 Dear Bunda,

Terutama pada bayi yang mengalami ikterus neonatorum, selalu susukan ASI pada bayi setidaknya setiap 3 jam sekali secara kontinyu, frekuensi menyusu dari 6-12 kali dalam sehari sangat membantu bayi terhindari dari ikterus neonatorum (bila tidak ada kelainan organ maupun infeksi lain). Monitor selalu bayi Anda, terutama bila ada tanda-tanda demam ataupun malas menyusu segera periksakan pada dokter Anda.

Imunisasi adalah pemberian imun pada tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Pemberian vaksin pada imunisasi dengan memasukkan komponen virus ataupun bakteri, atau memberikan virus yang telah dilemahkan ke dalam tubuh dengan tujuan agar tubuh membentuk antibody terhadap penyakit-penyakit tersebut. Bila tidak dilakukan imunisasi, maka tubuh akan terpapar langsung dan belum memiliki antibody untuk melawan jenis penyakit tersebut. Lain halnya bila telah dilakukan imunisasi, tubuh yang pernah di vaksin akan memiliki antibody terhadap penyakit tersebut dan dapat bertahan, kalaupun tetap sakit, tidak akan separah bila tidak diberikan vaksinasi. Efek samping pemberian imunisasi memang ada yang menyebabkan demam ataupun nyeri local di daerah sekitar lokasi penyuntikan, namun hal-hal tersebut dapat di beri pencegahan dan diobati dengan baik oleh dokter Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman