SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3124 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Gumpalan darah haid

   

Gumpalan darah haid
Oleh :


Dok kenapa ya setiap saya menstruasi mengeluarkan gumpalan darah, dan sedikit darah cair berwarna merah pekat, menstruasinya hanya berlangsung 5 hari, saya sudah mengalami ini dari 5 bulan yang lalu, apa ini normal atau ada penyakit lain dok tolong jelasin yaaaa
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda dindaclara,

Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar. Maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah.  Warna darah yang leih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi.

Bila gumpalan darah berukuran besar atau dalam jumlah banyak berturut-turut terjadi, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter. Hal-hal yang  umumnya menyebabkan kelainan pada siklus menstruasi antara lain adanya tumor jinak pada uterus, adanya ketidak seimbangan hormonal, adanya gangguan faktor pembekuan darah atau pada perempuan yang sudah menikah dapat terjadi abortus yang tidak di ketahui.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman