SITE STATUS
Jumlah Member :
482.047 member
user online :
1460 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KB IUD

   

KB IUD
Oleh :


dokter tanti yg cantik..... saya ibu dengan 1 anak usia 17bulan....saya pengen pasang KB tapi bingung mau pake KB apa... saya pengen KB IUD tp takut ada resikonya...ibu menyarankan pake KB suntik yang 3bulan tp saya takut efeknya tambah gemuk... kira2 menurut dokter KB apa yg cocok untuk saya supaya saya tidak tambah gemuk?????
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Pada akseptor KB 3 bulan biasanya mengalami situasi hormonal yaitu tidak mendapatkan menstruasi atau perubahan siklus menstruasi, hal ini tidak berpengaruh pada berat badan maupun gairah seksual.
Apabila Anda menggunakan KB spiral, di Indonesia pada umumnya tidak mengandung hormonal, maka tidak akan mempengaruhi mood ataupun nafsu makan. KB IUD ini cenderung aman, tidak mahal dan sangat efektif mencegah kehamilan. Keuntungan KB IUD ini antara lain:
• Bertahan dalam jangka panjang 5-10 tahun
• Tak perlu kuatir lupa seperti layaknya kontrasepsi pil
• Tidak mengganggu program menyusui
• Tidak terasa oleh Bunda mau pun suami saat berhubungan
• Tetap bisa berolahraga, seperti berenang dan jenis olahraga lainnya.
Efek samping yang biasa terjadi seperti kram dan sakit pinggang setelah beberapa jam pemasangan. Beberapa Bunda mengalami pendarahan ringan dan nyeri setelah beberapa minggu pemasangan. Pada IUD tembaga terkadang volume haid lebih banyak, cairan vagina bertambah dan resiko keputihan lebih besar. Tak perlu kuatir berlebih, yang penting tetaplah berkonsultasi dengan dokter.
 Apabila Anda ingin mengurangi berat badan, dapat dilakukan dengan cara mengatur asupan makanan dan juga dengan melakukan olahraga yang rutin. Untuk mengatur asupan makanan, Anda dapat berkonsultasi dengan bagian gizi atau dokter spesialis gizi agar dengan tepat mengatur asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Demikian jawaban saya.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman