SITE STATUS
Jumlah Member :
482.101 member
user online :
2590 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ingin KB

   

Ingin KB
Oleh :


saya ibu dengan anak baru 1 umur 20 bulan,saya sudah telat KB hampir 2 minggu,dan selama itu saya berhubungan dengan sumai saya,yang mau saya tanyakan apakah saya bisa hamil?ada beberapa kali suami mengeluarkannya di luar dan di dalam.tetapi kemarin saya sempet tes dengan tespek hasilnya negatif?sedangkan saya ingin KB dok?apa tunggu saya datang bulan?tapi saya bulan ini smepet haid??tggl 10 sebelum smpai tggl 17.tolong jawabannya dok,terimakasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Untuk mengetahui dengan mudah mengenai kemungkinan hamil, lakukan test  kehamilan urine pack sebelum melakukan KB. Apabila seorang Ibu menyusui ASI secara eksklusif, maka dapat menganggu siklus menstruasi yang diakibatkan adanya hormone prolaktin.
Saran saya adalah, untuk sementara waktu Bunda melakukan hubungan suami istri dengan alat kontrasepsi kondom untuk mencegah kehamilan, dan dapat memeriksa urine test kehamilan kembali setelah 2 minggu sejak hubungan tanpa alat kontrasepsi yang terakhir Bunda lakukan. Lakukan pemeriksaan dan konsultasi mengenai KB pada bidan atau dokter umum. Untuk Ibu yang sedang menyusui dapat menggunakan metode KB IUD, suntik KB depo 3 bulan maupun pil KB laktasi.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman