SITE STATUS
Jumlah Member :
495.959 member
user online :
983 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Presentasi bokong (Frank Breech)

   

Presentasi bokong (Frank Breech)
Oleh :


Salam kenal, dok. Dikehamilan yg ketiga ini saya mengalami kesulitan. setelah di usg bayi dlm kandungan saya diiagnosa sungsang dengan kondisi frank breech dan terdapat lilitan tali pusar di lehernya. Hingga minggu 37 kondisi ini tidak berubah dan disarankan melahirkan secara SC. Pertanyaan saya, sebenarnya kondisi bayi saya yg seperti ini memungkinkan kelahiran normal? Berat bayi di minggu 37 sekitar 2,9 kg. Terimakasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Posisi presentasi bokong Frank Breech (bokong pada jalan lahir dan kaki lurus ke atas atau disamping kedua telinga) memiliki resiko yang cukup tinggi untuk dilakukan persalinan normal.

Persalinan normal pada presentasi bokong dapat saja dilakukan bila terdapat kondisi-kondisi yang aman untuk dilakukan, seperti; usia kehamilan yang cukup umur (full term), tidak ada tanda-tanda distress pada janin, terdapat pembukaan mulut rahim yang lancar sesuai proses persalinan, ukuran bayi  tidak terlalu besar, tidak ada plasenta previa, panggul ibu tidak sempit, dekat dengan kamar operasi bila sewaktu-waktu persalinan pervaginam gagal dilakukan.

Sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda, untuk mendiskusikan kemungkinan yang dapat dilakukan berdasarkan keadaan kehamilan Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman