SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
4184 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ankyloglossia (Tounge tie)

   

Ankyloglossia (Tounge tie)
Oleh :


Dok , sy pny tmn ankny mengalami tounge tie.tp dokter diplb blg kasus sprti ini jrg trjd diplb.incisi itu baiknya dilakukan usia brp?ad recommended dokter djkt apa .thx dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Keadaan Ankyloglossia atau Tounge tie dapat menjadi penyulit bagi sang bayi dalam menyusu ASI. Pada bayi yang memiliki keadaan ini sering ditemukan kekurangan nutrisi serta rewel karena tidak kenyang dalam menyusu .  Kekurangan nutrisi yang diakibatkan kesulitan dalam menyusu adalah alasan  untuk melakukan pembedahan (frenotomy) yaitu melepaskan jaringan frenulum yang mengikat lidah dengan dasar mulut. Ada dokter yang berpendapat untuk melakukannya  pembedahan sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan, namun ada juga yang melihat dulu perkembangan keberhasilan menyusui dari sang bayi. Semakin bayi beranjak dewasa, ketebalan frenulum akan bertambah, tehnik pembedahan dan pembiusanpun berbeda, tergantung pada usia saat dilakukan pembedahan tersebut (semakin besar usia anak, mungkin dibutuhkan bius total).

Bunda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter bedah di daerah Bunda berada sesuai dengan hasil pemeriksaan bayi yang mengalami Tounge tie.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman