SITE STATUS
Jumlah Member :
484.082 member
user online :
2493 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi ngulet dan udel blum masuk

   

Bayi ngulet dan udel blum masuk
Oleh :


Mau Tanya dr tanti....kok anak saya klo tidur sering ngulet disertai wajah kmerahan serta suara ngeden,apakah tidak berbahaya Dan a pa penyebabnya...trus sampai Usia hampir 2 bulan kok udelnya blum masuk masuk msih bodong...a pa penyebabnya Dan gimana solusinya?makasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
mengedan dapat menunjukkan adanya konstipasi bila bayi mengedan keras dan sulit BAB, selain itu dapat juga terjadi situasi di mana gas atau udara di dalam saluran pencernaannya terkumpul banyak dan mengganggu (biasa di sebabkan oleh tertelannya udara saat minum susu), atau adanya keadaan bayi kesal karena tidak nyaman dan menahan nafas yang biasa terjadi namun tidak berbahaya. Untuk mencegah terjadinya kembung, pastikan agar saat menyusu ASI perlekatan mulut bayi pada payudara terjadi dengan baik sehingga tidak menelan banyak udara , bila bayi meminum susu dengan botol pastikan tidak ada udara tertelan dengan menegakkan botol susu sehingga tidak ada udara yang terhisap. Apabila bayi Anda meminum susu sapi atau susu formula, lebih baik di konsultasikan dengan dokter spesialis Anak untuk kemungkinan adanya alergi atau intoleransi susu yang menyebabkan adanya gangguan pencernaan (konstipasi ataupun kembung). 
Menonjolnya pusar (udel bodong) disebut sebagai hernia umbilikalis. Hernia umbilikalis biasanya terjadi secara congenital (bawaan sejak lahir) dikarenakan tidak sempurnanya pembentukan dinding atau lemahnya dinding antara ruangan di dalam rongga perut dengan rongga lainnya dalam hal ini diluar rongga perut atau dunia luar. 
Ketika bayi mengejan, usus atau organ di dalam rongga perut akan terdorong ke arah luar. Keadaan ini dapat bersifat sementara sampai terjadinya penutupan atau menguatnya kelemahan pada dinding rongga tersebut namun dapat juga bersifat permanen. Penanganan keadaan ini dapat dengan melakukan operasi, ataupun dengan cara tradisional yaitu meletakkan koin di atas pusar tersebut. Peletakkan koin pada daerah pusar bertujuan membantu mengurangi tekanan ketika bayi mengejan , sehingga usus tidak terdorong ke luar, sampai terjadinya penutupan atau menguatnya dinding penghubung rongga. Sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak Anda mengenai hal ini yang berkaitan dengan keadaan bayi Anda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman