SITE STATUS
Jumlah Member :
484.150 member
user online :
2437 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Anemia pada Anak

   

Anemia pada Anak
Oleh :


Dear dr.Tanti, bagaimana cara utk menaikkan kadar hemoglobin anak saya??agar kadarnya berada dlm batas normal..terima kasih,,, -achiii-
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Penyebab anemia secara umum dapat disebabkan karena kurangnya asupan zat-zat yang berperan dalam pembentukan Hb ataupun terjadinya kehilangan sel-sel darah merah (karena perdarahan atau infeksi atau penghancuran sel darah lebih dari normalnya).
Pada penderita anemia tentunya harus diperiksa terlebih dahulu, apakah yang menjadi penyebab anemianya itu sendiri, untuk kemudian diberikan terapi yang tepat. Pada anak dan dewasa, umumnya ( bila tidak ditemukan adanya perdarahan atau kehilangan darah karena sebab lain) kurangnya asupan zat besi, asam folat dan vitamin B12 sering menjadi penyebab utama.
Bila memang kurangnya asupan komponen pembentuk sel darah merah menjadi penyebab anemia, maka sebaiknya memakan makanan yang kaya akan zat besi, asam folat dan vitamin B12. Pada individu dengan pola makan baik dan masih menderita anemia, dapat dicurigai adanya parasit pada saluran pencernaan. Cacing menjadi parasit di dalam saluran pencernaan yang mengganggu proses penyerapan nutrisi, sehinga tubuh kekurangan nutrisi yang penting, dalam hal ini zat-zat pembentuk sel darah merah.
Berikut ini adalah bahan-bahan makanan yang menjadi sumber zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C: Sumber Zat besi :
- Daging sapi, Daging kambing, Ikan, Hati, Tempe, Kacang-kacangan, Margarine dan Sayuran hijau.
- Sumber Vitamin B12 : Daging, Susu dan Hati
- Sumber Vitamin C : Jambu Biji, Apel dan Bayam
- Sumber Folat : Jeruk Nipis, Buah-buahan  dan Sayuran hijau gelap
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman