SITE STATUS
Jumlah Member :
317.283 member
user online :
691 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Keputihan saat hamil

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Keputihan saat hamil 18-February-2014
Oleh :


dr. Yanti yg saya hormati.. usia kehamilan sy 15 minggu, kira2 3 minggu yg lalu keluar cairan encer kl lama2 di CD jd wrna kuning. lama2 gatal trus ada gumpalan putih tp sdikit. kmudian sy k bidan tgl 13 maret 2012(sore) dan diberi Amoxilin (3x sehari selama 5 hr) sm 1 obat lg yg di minum 1xsehari. besok paginya keluar gumpalan putih agak kuning. apa amoxilin tdk berbahaya bagi janin? bagaimana ciri keputihan yang berbahaya bagi janin? apabila ada cairan yang keluar saat hamil apa itu dari air ketuban? terima kasih ats jwbnya.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Obat Amoxicillin termasuk antibioyik golongan B yaitu Studi pada reproduksi hewan belum menunjukkan risiko janin tapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau reproduksi hewan studi telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita di trimester 1 (dan tidak terdapat bukti risiko di trimesters kemudian). Dengan kata lain, obat-obatan golongan B dapat diberikan pada ibu hamil dan menyusui dengan pertimbangan bahwa manfaatnya lebih besar dari resiko nya apabila tidak diberikan obat ini. Keputihan patologis dapat membahayakn karena dapat beresiko infeksi lebih lanjut pada kehamilan, dengan ciri-ciri cairan keputihan tersebut berbau, berwarna hijau, kuning atau putih susu seperti keju , gatal bahkan terasa panas pada kulit daerah genital. Cairan yang keluar dari daerah intim tidak selalu cairan ketuban. Untuk membedakan dari cairan vagina, cairan ketuban biasanya berbau khas dan anda akan membedakan bahwa itu bukan lah bau air kencing (urine), pada umumnya berwarna bening, sedikit keruh bahkan kehijauan bila
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman