SITE STATUS
Jumlah Member :
292.394 member
user online :
5037 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Batuk pada anak tak kunjung sembuh

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Batuk pada anak tak kunjung sembuh 18-February-2014
Oleh :


Anak saya selalu batuk hampir setiap hari selama 1 tahun terakhir sekarang sedang berobat 6 bln dan berjalan 5 bln tetapi yang saya herankan mengapa selama berobat tersebut batuk anak saya tidak mau hilang dan sekarang bertambah dengan asma(sesak jika batuk) saya bingun mengatasi ini sudah berobat kebeberapa dokter tetapi tidak juga sembuh batuknya sekarang saya menggunakan Nebulizer guna membantuk meredakan sesaknya. Tetapi batuknya selalu ada terutama menjelang subuh setelah minum susu. Apa yang harus lakukan untuk menyelesaikan masalah saya Dok? Tolong kasih saya saran atau obat untuk mengatasi batuk anak saya, terkadang saya hampir putus asa...!
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Teruslah berusaha dan memberikan yang terbaik bagi anak anda, jangan berputus asa. Teruskanlah pengobatan anak anda sampai tuntas, jangan berhenti atau putus obat karena akan mengakibatkan resistensi di masa ke depan. Anda dapat juga menyingkirkan adanya kemungkinan allergy pada anak anda. apabila anda menyebutkan anak anda batuk terutama pada pagi dini hari dan setelah minum susu, maka sebaiknya anda juag menyingkirkan bahan-bahan yang di curigai sebagai penyebab allergy. Apakah anda sudah mencoba mengganti jenis susu yang anak anda minum, coba anda ganti dan perhatikan apakah ada perubahan setelah ia meminum susu jenis baru tersebut. Apakah ruangan tidur anak anda sudah nyaman? Bila batuknay di picu oleh udara dingin, maka berikanlah selimut yang nyaman atau aturlah AC pada ruangan tersebut pada suhu normal sehingga tidak terlalu dingin (sekitar 27 derajat celcius). Singkirkan bahan-bahan yang umumnya menyebabkan allergy seperti debu, bulu hewan, atau bulu-bulu pada boneka dan sebagainya. Perhatikan juga detergen yang anda gunakan, kemungkinan bisa juga menimbulkan allergy pada anak anda. Gantilah sarung bantal, sprei dan selimut sesering mungkin, gunakan alat-alat yang berbahan dasar hypo allergy bila memungkinkan. Berikan nutrisi dengan gizi tinggi pada makanannya, berikan ia waktu tidur siang agar kekebalan tubuhnya menjadi baik. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman