SITE STATUS
Jumlah Member :
503.612 member
user online :
526 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Batuk pada bayi

   

Batuk pada bayi
Oleh :


Halo dokter, selamat siang.. salam kenal ya dok.. saya mau bertanya, dari usia 2minggu sampe skrg umur 6bln, anak saya terkena batuk berdahak, dan belum sembuh juga sampai saat ini,. saya sudah berobat kedokter umum sampai ke DSa, tapi hasilnya Nihil.. jika sedang batuk, anak saya selalu muntah hingga Berat badannya turun.. mohon saran untuk saya dok, terimakasih,.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Apabila anak anda memiliki batuk kronis meskipun setelah di obati belum kunjung sembuh maka sebaiknya bunda memperhatikan apakah anak tersebut telah sembuh setelah di obati namun tertular kembali ataukah tidak ada perubahan meskipun telah di obati. Batuk yang terus menerus dan tidak mengalami perubahan setelah di obati, mengalami penurunan berat badan, demam ringan terutama malam hari, maka dapat di curigai sebagai TBC, apakah orang di sekitar juga mengalami batuk kronis? Untuk mengetahui apakah anak tersebut terkena TBC atau tidak maka dapat di periksa lebih lanjut (contohnya dengan test mantoux). Selain itu dapat juga dicurigai adanya allergy pada anak tersebut. Allergy dapat di picu oleh debu, suhu yang dingin atau panas, bulu hewan, tungau, susu dan makanan lainnya. Sebaiknya ruangan anak dijaga kebersihannya, suhu ruangan tidak terlalu dingin atau panas, mendapatkan sinar matahari yang cukup dan ventilasi udara yang baik serta jauhkan dari orang dewasa yang sedang sakit.
Saluran pernapasan dilindungi oleh lendir yang akan membantu mengeluarkan ancaman seperti sisa bakteri ataupun debu dan lainnya. Bila lendir terlalu kental maka dapat mengakibatkan reflek muntah saat akan dikeluarkan menuju mulut atapun hidung. Berikanlah minum secukupnya agar dapat membantu mengencerkan lendir tersebut. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman