SITE STATUS
Jumlah Member :
482.195 member
user online :
2778 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Batuk Pada Anak

   

Batuk Pada Anak
Oleh :


Selamat Sore Dok... Anak saya umur 8 bulan,,sudah 2 hari ini batuk kadang ada suara dr tenggorokan seperti dahak..dari dokter sudah di beri obat tapi masih belum ada perubahan,yang mau saya tanyakan adakah resep obat yang bisa beli di apotik ? ( yang aman untuk anak ) Terima Kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 

Batuk dan pilek dapat terjadi pada bayi dan balita serta orang dewasa. Penyakit ini yang umumnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun demikian membutuhkan waktu untuk pemulihan. Apabila bayi sudah diberikan pengobatan tetapi masih batuk tidak berkurang setelah obat habis atau bertambah buruk, terutama dengan demam dan kelihatan ada kesulitan bernafas, saya sarankan untuk segera diperiksa oleh dokter agar dokter memberikan terapi yang sesuai dengan keadaan anak bunda.
Bayi dan balita rentan terinfeksi penyakit yang diltularkan oleh virus maupun bakteri. Maka itulah pentingnya dilakukan vaksinasi untuk memberi kekebalan terhadap jenis-jenis penyakit tertentu. Masih dalam batas umum bila dalam satu bulan  seorang bayi ataupun balita  menderita penyakit pilek dan batuk (common cold) satu atau dua kali, namun akan lebih baik lagi bila Bunda dapat mencegah terpaparnya infeksi ini dengan cara, memberikan nutrisi yang baik bagi anak, menjaga kebersihan (mandi serta mencuci tangan) dan menjauhkan dari orang-orang yang sedang batuk dan pilek agar tidak mudah menular. Bila bersin , pilek dan batuk sering terjadi terutama tidak disertai demam dan terjadi pada saat-saat tertentu misalnya udara dingin, dapat dipikirkan kemungkinan alergi. Obat dalam hal batuk pilek (common cold) pada umumnya untuk meringankan gejala, kecuali ada infeksi lainnya maka diberikan antibiotik. Efek samping tentu sudah dipertimbangkan dengan baik oleh dokter Anda sebelum memberikan pengobatan.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman