SITE STATUS
Jumlah Member :
480.558 member
user online :
2040 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Puting payudara

   

Puting payudara
Oleh :


apabila suami menyentuh bagian payudara puting saya terasa keras dan sakit knp ya dok?. Sehingga sudah beberapa kali ini hubungan intim kami serasa ada yg kurang. Mohon infonya
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 
Masalah pada payudara tidak selalu mengarah pada keadaan ganas.  Masalah pada puting payudara seperti nyeri,  lecet atau iritasi,  gatal, mengeluarkan cairan (kekuningan,  darah ataupun cairan seperti susu)  dapat terjadi akibat adanya gesekan dari pakaian,  penggunaan bra yang tidak tepat baik ukuran maupun jenis, adanya alergi,  atau hal-hal fisiologis seperti menjelang menstruasi maupun adanya kehamilan.  Rasa nyeri atau perubahan pada puting payudara dan payudara harus segera ditindak lanjuti bila Bunda menemukan tanda seperti adanya cairan yang keluar dari puting payudara,  adanya perubahan kulit payudara seperti pori kulit jeruk,  adanya benjolan ataupun perubahan lain yang terjadi secara cepat dan bertambah parah dalam waktu singkat. 
Bunda dapat memperhatikan apakah keluhan terjadi menjelang menstruasi?  Menjelang menstruasi terjadi perubahan hormonal yang juga mempengaruhi payudara,  dapat terasa lebih kencang dan nyeri.  Juga pastikan apakah Bunda tidak sedang hamil karena pada kehamilan dapat memberikan keluhan nyeri dan perubahan pada payudara. Selain itu adanya aktifitas fisik yang tidak ditopang penggunaan bra yang tepat ukuran dan jenisnya dapat mempengaruhi payudara dan menimbulkan keluhan.  Pastikan ukuran bra tepat dan sesuai aktifitas.  Gunakan sport bra untuk berolahraga agar dapat menopang payudara dengan baik.  Ukuran bra yang terlalu sempit maupun terlalu besar tidak dapat menopang payudara dengan baik, juga dapat menimbulkan gesekan sehingga kulit payudara yang lembut mudah terjadi iritasi.  Bersihkan kulit dengan baik saat mandi,  gunakan alat mandi yang lembut agar kulit tidak lecet dan terluka. 
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman