SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3479 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kulit bayi bersih

   

Kulit bayi bersih
Oleh :


slamat sore dok,saya mau tanya ni saya sdang hamil 25minggu kira" asupan untuk ibu hamil nya agar bayi nya lahir dengan bersih /putih apa ya dok? trimakasih dok :)
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Setelah dilahirkan, bayi anda mungkin masih memiliki lanugo yaitu rambut halus pada bayi yang tumbuh pada tubuhnya sejak ia masih didalam kandungan dan akan menghilang setelah beberapa waktu. Selain lanugo, bayi yang baru lahir akan diliputi oleh lapisan vernix caseosa yaitu lapisan lemak seperti lapisan lilin yang berfungsi melindungi kulitnya saat didalam kandungan. Vernix caseosa dapat dibersihkan dengan cara memandikan bayi. Bayi mungkin tampak tidak bersih sesaat setelah dilahirkan namun lapisan-lapisan ini sangat membantu melindungi bayi saat masih didalam kandungan.
Warna kulit manusia ditentukan oleh zat pigmen kulit yang disebut dengan melanin. Warna kulit dan produksi melanin ditentukan juga oleh faktor genetik. Melanin sebagai warna coklat alami yang diproduksi oleh kulit dapat membantu manusia melindungi dirinya dari pengaruh buruk radiasi sinar matahari. Bayi manusia terlahir dengan warna kulit yang pucat dan terang, yang lambat laun akan berubah lebih gelap seiring usia terutama saat pubertas di mana terjadi banyak perubahan hormon, enzim dan paparan sinar matahari yang mempengaruhi warna kulit. Setelah lanjut usia, sel-sel yang memproduksi melanin mulai berkurang karena pengaruh usia. Hal  ini yang menyebabkan adanya perbedaan warna kulit dan tidak merata yang terjadi pada orang usia lanjut.
Variasi warna kulit manusia sangatlah beragam, bahkan di dalam keluarga dengan garis keturunanpun akan ditemui variasi warna kulit. Pada umumnya variasi kulit kuning langsat sampai kulit sawo matang dan kecokelatan dimiliki oleh bangsa Asia.
Sayangilah bayi Anda dengan warna kulit yang dianugerahkan oleh Tuhan YME kepadanya, semoga bayi dan Bunda akan sehat selalu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman