SITE STATUS
Jumlah Member :
501.101 member
user online :
1476 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Lubang ASI hanya 2, ASI jadi sedikit keluar

   

Lubang ASI hanya 2, ASI jadi sedikit keluar
Oleh :


Umur bayi saya 10 hari dan akhirnya harus di sinar blue light karna bilirubin yg tinggi mencapai 20. Padahal saya sudah sangat rajin memberikan ASI, bisa setiap 30-60 menit sekali. Setelah saya perhatikan sepertinya yg bermasalah adalah Payudara (PD) saya. Puting PD saya memiliki lubang yg sedikit hanya 2-3 lubang. Selain itu jika di hisap atau di pompa dengan alat, aliran nya tidak deras. Tapi jika di perah dengan tangan denvan kuat, hasilnya bisa 30-70 ml kanan dan kiri. Apa Jumlah lubang puting mempengaruhi asupan ASI ke bayi saya? Bisakah ASI hanya deras di 1 menit pertama stelah itu tidak keluar lagi padahal PD masih sangat berasa penuh?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Apabila Bunda mendapati kesulitan dalam memberikan ASI, maka Bunda bisa mengikuti kelas laktasi atau klinik laktasi. Untuk menyusui dengan benar maka perlekatan bibir bayi harus mencakupi sebagian besar daerah areola mammae bukan hanya pada puting susunya saja sehingga bayi dapat menangkap aliran ASI yang keluar dari lubang kelenjar susu. Jumlah produksi ASI dipengaruhi oleh banyaknya permintaan ASI atau banyaknya ASI yang dikeluarkan. Semakin sering bayi meminum ASI atau semakin sering ASI diperah maka akan semakin memicu produksi ASI tersebut. Bila ASI penuh di dalam payudara namun tidak disusukan atau tidak diperah, maka tubuh akan memberi sinyal untuk menghentikan produksi ASI karena masih dianggap cukup. Payudara yang penuh dapat mengeluarkan ASI secara spontan meskipun tidak di peras, begitu juga ketika menyusui maka bayi bisa kesulitan menangkap ASI yang tercurah dengan deras pada awal menyusui. Maka itu Bunda bisa mengurangi tekanan dengan memompa sedikit ASI keluar sebelum memberikan payudara untuk menyusui. Gerakan mulut bayi ketika menyusui akan memberikan sinyal untuk produksi ASI. Bila menyusui secara benar maka ASI akan selalu keluar sampai payudara kosong.
 Selagi belajar menyusui langsung dari payudara, ada baiknya Bunda juga memeras ASI dan memberikan ASI tersebut kepada bayi Bunda agar Ia tidak kekurangan cairan dan nutrisi. Mungkin akan membutuhkan waktu bagi Bunda dan bayi untuk dapat menyesuaikan diri dengan kegiatan menyusui ini. Kenali kebiasaan bayi Bunda dan tetap berusaha menyusui ASI, bila perlu ikuti kelas atau kunjungi klinik laktasi untuk mendapatkan konsultasi menyusui.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman