SITE STATUS
Jumlah Member :
484.461 member
user online :
2363 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Usia kandungan 32 minggu berat badan janin kurang

   

Usia kandungan 32 minggu berat badan janin kurang
Oleh :


dok saya mau tanya, usia kandungan saya seharuanya skrng 32 minggu setelah cek usg berat badan janin hanya 1.469 g normalkah dok? gerakan nya pun kurang aktif hanya gerakan lembut, padhal beraat badan saya sudah naik 15 kg sejak hamil.. HPL yang sebelumnya 17 agustus 2016 pun mundur ke 8 september 2016
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear bunda,
Untuk usia kandungan 31-32 minggu perkiraan rata-rata bobot janin adalah 1610 gram. Besarnya angka ini dapat berbeda-beda pada masing-masing individu dan  merupakan perkiraan rata-rata yang di harapkan. Untuk menambah bobot janin pada umumnya dokter akan menyarankan untuk memakan es krim sebagai selingan atau kudapan. Sebenarnya tidak hanya es krim, menambah bobot janin harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang juga. Idealnya asupan makanan mengandung 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. Untuk menambah bobot janin maka Bunda dapat menambah jumlah kudapan atau makanan dengan lebih sering. Es krim, yoghurt ataupun keju tinggi lemak merupakan beberapa pilihan sumber bahan makanan yang bernutrisi juga sumber karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Hindari memakan junk food atau makanan yang kurang sehat sebagai sumber nutrisi, meskipun jenis makanan tersebut dengan mudah menambah bobot badan namun kurang sehat dari kandungan nutrisinya. Bunda dapat menggunakan sumber-sumber karbohidrat lainnya untuk menambah bobot janin, namun berhati-hati untuk tidak memakan bahan makanan dengan  kandungan gula yang terlalu tinggi untuk menghindari terjadinya diabetes pada kehamilan.

Penghitungan hari perkiraan lahir menggunakan HPHT dapat membantu memperkirakan tanggal kelahiran, terutama bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. Namun perhitungan ini dapat meleset jauh dari tanggal yang diperkirakan bila siklus menstruasi tidak teratur. Menggunakan USG dapat juga membantu memperkirakan usia kehamilan, namun metode ini juga memiliki keterbatasan misalnya karena tebalnya lemak ataupun posisi janin yang menyulitkan untuk melihat ataupun mengukur. Selain kedua cara ini, dapat juga mengukur perkiraan usia kehamilan dengan pengukuran tinggi fundus, sekali lagi metode ini dapat meleset karena tebalnya lemak ataupun banyaknya cairan ketuban. Pada usia kehamilan 1-13 minggu, perbedaan usia kehamilan sesungguhnya dengan usia kehamilan yang diperiksa melalui USG dapat terjadi meski tidak banyak, sekitar 3 hari dari usia kehamilan yang sesungguhnya. Usia kehamilan pada trimester pertama ini di hitung dari CRL (Crown Rump Lenght). Pada trimester kedua atau usia kehamilan 14-28 week, bila memeriksakan usia kehamilan maka dapat terjadi perbedaan yang cukup banyak yaitu sekitar 10-14 hari dari usia kehamilan yang sebenarnya dan di periksa berdasarkan Biparietal Diameter. Maka itu pemeriksaan USG untuk memperkirakan usia kehamilan lebih baik dilakukan pada awal kehamilan untuk lebih tepatnya. Bila dokter Anda menyatakan keadaan kehamilan Bunda dalam keadaan baik, maka sebaiknya tidak terlalu merasa khawatir.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman