SITE STATUS
Jumlah Member :
484.308 member
user online :
2087 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kulit menjadi putih setelah ruam popok

   

Kulit menjadi putih setelah ruam popok
Oleh :


Dok nama saya Yusi, saya mempunyai putri besrusia 13bulan. Beberapa minggu yang lalu putri saya terkena ruam popok yang lumayan parah. Saya coba beberapa cream untuk ruam popok ternyata masih tetap. Ada saudara yg menginformasikan diberi mico z / elocon tipis2. Akhirnya saya coba, ruam popoknya sembuh tapi mengapa kulit yg bekas ruam popok itu menjadi belang putih ya dok??? Mohon infonya, terima kasih dokter ☺
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear bunda,
Saya tidak bisa menilai hal yang terjadi pada anak Bunda, namun setelah adanya reaksi peradangan terutama pada peradangan yang cukup hebat dapat ditemukan keadaan hipopigmentasi post inflamasi yaitu ditandai dengan kurangnya zat warna kulit atau melanin pada daerah yang terkena reaksi peradangan saat menyembuh. Keadaan ini akan berangsur membaik seiring waktu dalam kisaran minggu sampai berbulan-bulan tergantung dari keadaan saat terjadi peradangan.
Untuk mencegah terjadinya ruam popok segera ganti popok bayi apabila sudah basah, lebih baik membiarkan kulit bayi di udara terbuka lebih lama daripada tertutup oleh popok bayi. Bersihkan kulit bayi dengan kain lembut yang dibasahi air hangat setelah bayi mengompol atau BAB, keringkan dahulu dengan baik sebelum mengenakan popok, oleskan cream yang mengandung zinc oxide untuk mencegah diaper rash. Jangan mengenakan popok terlalu ketat, hindari popok disposible yang berbahan plastik. Apabila bayi anda telah mengalami komplikasi seperti nanah dan luka pada kulit, harap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan membubuhkan bedak bayi atau krim apapun sebelum mendapat persetujuan dari dokter anda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman