SITE STATUS
Jumlah Member :
480.391 member
user online :
1464 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Perbedaan darah putih nifas dengan keputihan biasa

   

Perbedaan darah putih nifas dengan keputihan biasa
Oleh :


Dok saya mau tanya tentang perbedaan darah putih nifas dengan keputihan biasa? Stelah kluar darah sprti org biasanya abis melahirkan kira2 slama 10 hari lalu 2 hari tdk kluar darah lagi tapi keesokannya kelluar darah sdikit.. Dan makin lama makin ga ada.. Hanya kadang keluar kadang ngga v ktika keluar bentuknya kental putih dan kadang kental beningseperti keputihan pada biasany saja... Mnurut dokter itu keputihan atau darah putih nifas?? Tolong jelaskan ya dok perbedaannya
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Setelah melahirkan pada masa nifas akan keluar cairan dan sisa jaringan dari masa kehamilan melalui vagina yang disebut lochea. Lochea ini akan berbau seperti layaknya bau darah ketika menstruasi. Warna lochea atau biasanya dikenal sebagai darah nifas bisa terbagi menjadi beberapa tahap.
 Lochea rubra terjadi sampai 2-3 hari setelah melahirkan, berwarna merah atau merah kecokelatan karena terutama terdiri dari darah dan dapat mengandung sisa-sisa jaringan maupun bakteri. Bila perdarahan berwarna merah segar dan sangat deras mengalir maka sebaiknya memberitahu bidan atau dokter karena mungkin saja disebabkan oleh luka atau perdarahan yang aktif terjadi karena proses persalinan.

Lochea serosa terdiri dari sel darah merah, sel darah putih serta sisa jaringan. Terjadi pada hari-3 sampai ke-10 pada masa nifas berwarna kecokelatan sampai akhirnya memudar menjadi merah muda atau pink lalu kekuningan.

Lochea alba terjadi pada sekitar hari ke-11 sampai selama 2 minggu. Warna Lochea alba adalah kekuningan atau lendir bening sampai keputihan yang jumlahnya berangsur menjadi sangat sedikit.

Bila Bunda mendapati cairan tersebut berbau menyengat maka periksakan ke dokter.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman