SITE STATUS
Jumlah Member :
484.454 member
user online :
2538 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Benjolan pada daerah anus

   

Benjolan pada daerah anus
Oleh :


Hallo dokter,selamat malam... Dok aku baru berumur 16 thn jadi gini, disekitar anus aku ada satu benjolan tapi ga bisa masuk kedalem kaya gejala wasir gitu, terus juga ga nimbulin sakit terus ga berdarah juga, tapi kayanya munculnya pas udh ngeden teralu keras lalu emng sih pas ngeden terlalu keras ada darah netes nah dari situ kalau ga salah baru muncul benjolannya, tapi aku takut benjolan itu cuma keloid soalnya aku punya keturunan penyakit keloid gitu, nah jadi bingung itu antara wasir atau keloid, tapi ciri2nya ga menunjukan kalau itu gejala wasir, menurut dokter itu apa yaa, sekalian mau tanya dok keloid disekitar anus bisa terjadi ngga, nah cara ngobatinnya gmna yaa dok, apa memang harus jalan operasi? Sebenernya ga ngeganggu apa2 sih ga sakit pula, tapi saya nanti mau nyoba buat daftar polwan saya takut ternyata dianus saya itu wasir, mohon jawabannya yaa dok, saya tunggu, terimakasih dokter.....
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Cantika,
Mengejan kuat dapat menyebabkan tekanan di dalam rongga perut meningkat dan menyebabkan vena pada saluran pencernaan di sekitar anus membengkak dan menonjol yang disebut wasir. Letak dari wasir ini terbagi menjadi internal dan eksternal, untuk mengetahui jenis ini maka memerlukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Penanganannya dapat dengan obat-obatan pada kasus yang ringan hingga operasi pada kasus yang lebih berat.
Penyebab pasti wasir tidak diketahui secara pasti, namun hal yang menjadi pemicu adalah meningkatnya tekanan di dalam rongga perut (intra-abdomen), makanan rendah serat sehingga mengakibatkan konstipasi, kurang aktifitas, lebih banyak duduk dan lain-lain. Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan BAB tepat waktu setiap hari di waktu yang sama, menghindari dehydrasi, memakan makanan berserat dan aktifitas yang seimbang (olahraga). Wasir dapat menyebabkan perdarahan dan memberikan komplikasi yaitu anemia bila selalu terjadi perdarahan, namun tidak mengancam jiwa secara langsung.  Bila pada daerah anus tersebut pernah terjadi luka yang dalam misalnya luka sayatan maka mungkin juga terjadi scar maupun keloid. Luka Hipertropi bahkan Keloid dapat terjadi pada bekas luka yang dalam. Pada keadaan yang lebih ringan, kulit yang terluka dapat meninggalkan jaringan parut atau scar. Namun pada kasus keloid, scar tersebut terus menerus tumbuh setelah luka tersebut sembuh. Untuk mengatasi keloid ada berbagai metode dari penggunaan obat oles, penyuntikan obat, laser, operasi dan lain-lain. Kasus keloid dapat sembuh dengan operasi atau pengangkatan namun bisa juga berisiko kambuh bahkan lebih buruk dari keadaan sebelumnya.Untuk mengetahui benjolan yang terjadi pada diri Anda, maka harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman