SITE STATUS
Jumlah Member :
482.259 member
user online :
2646 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Usia kehamilan 7 bulan sulit tidur

   

Usia kehamilan 7 bulan sulit tidur
Oleh :


Dok..di usia kandungan sya yg msuk 7 bln..sya jd susah tidur..jadinya kl pagi jd ngantuk dan pasti tidur pagi..apa ada efek negatifnya buat si bayi dok?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Seiring membesarnya kehamilan Bunda maka tidur menjadi tidak nyaman. Rasa stress menjelang hari kelahiran juga bisa mempengaruhi pola tidur Bunda. Bila Bunda merasa mengantuk pada saat pagi atau siang hari, tentu saja ibu hamil boleh tidur siang. Ketika hamil terjadi banyak perubahan pada fisik tubuh dan hormon Bunda,  cepat lelah juga sering dirasakan oleh para Bunda. Ibu hamil memerlukan nutrisi dan istirahat yang mencukupi, bentuk istirahat tersebut salah satunya adalah tidur siang. Bila Bunda melakukan tidur siang, sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak mengganggu siklus tidur malam Bunda.
Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. Selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung, Bunda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS.
Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini.
Bila Bunda kurang beristirahat maka akan menganggu kesehatan umum Bunda. Hindari terlalu sering tidur larut tengah malam atau bersiaga hingga pagi, usahakan untuk pergi tidur lebih cepat agar Bunda bisa cepat juga terlelap.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman