SITE STATUS
Jumlah Member :
485.756 member
user online :
1383 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Apa perlu penyuntikan KB di ulang

   

Apa perlu penyuntikan KB di ulang
Oleh :


Malem dok, Saya mau tanya, saya dr bulan januari lalu baru pake KB suntik lg tp yg sebulan trus bulan april mei saya ga haid mpe 2bulan trus bulan ni tanggal 29 jadwal suntik KB tp saya ganti yang 3bulan soalnya pakai yg sebulan g haid jd saya pikir mending yg 3bulan sebelum nya saya udah TP hasil negatif, pas udah suntik beberapa jam kemudian saya haid dok, apakah perlu penyuntikan KB di ulang secara saya suntik KB sebelum haid datang
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Pemberian suntikan kontrasepsi dilakukan setelah menstruasi atau pada hari ke -5 menstruasi untuk memberikan kesempatan bagi siklus terjadi secara teratur juga memastikan bahwa Bunda tidak sedang hamil. Bila pada jadwal penyuntikan berikutnya terjadi menstruasi maka sebaiknya tidak menunda jadwal penyuntikan, agar jadwal tetap terjadi secara teratur. Bila kali ini Bunda telah mendapatkan suntikan KB per 3 bulan dan sedang menstruasi amka tidak perlu dilakukan suntik ulang. Untuk pemakaian metode kontrasepsi hormonal baik pil atau suntik pertama kalinya maka selama 7 hari dianjurkan berhubungan intim dengan menggunakan kondom agar memmastikan bahwa obat bekerja dan memberikan efek kontrasepsi terlebih dahulu. Begitu pula dengan penyuntikan atau meminum pil yang terlambat dari jadwal, maka pada 7 hari pertama sebaiknya menggunakan kondom ketika berhubungan intim.
Perlu Bunda ketahui bahwa menggunakan kontrasepsi hormonal tunggal yang mengandung progesteron seperti pada suntik KB 3 bulan, dapat memberikan siklus menstruasi yang terganggu pada awal penyuntikan yang lambat laun akan memberikan efek tidak datang haid. Meskipun demikian, efek ini tidak selalu terjadi.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman