SITE STATUS
Jumlah Member :
482.217 member
user online :
2323 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Dosis asam folat

   

Dosis asam folat
Oleh :


selamat sore dok, saya novia usia 26 tahun. saat ini sedang hamil 5 minggu. saat ini saya berada diluar negeri sehingga pemeriksaan kandungan saya lakukan dengan dokter disini. pada saat pemeriksaan awal dokter memberikan saya vitamin folat dengan dosis 5 mg, lalu obimin plus yang juga mengandung folat 1 mg, dan susu anmum yang juga mengandung folat. yang ingin saya tanyakan, apakah dosis folat yang saya konsumsi terlalu berlebihan dok? dari beberapa artikel yang saya baca konsumsi folat untuk ibu hamil hanya 0.6 mg (600 mcg). adakah efek samping dari kelebihan asam folat bagi ibu dan janin? terima kasih dok..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Asam folat termasuk zat yang sangat berguna terutama bagi kehamilan yaitu untuk mencegah terjadinya keguguran , kelainan neurologis, anemia defisiensi asam folat serta mencegah terjadinya spina bifida pada bayi yang akan dilahirkan nanti. Asam folat juga tergolong aman untuk digunakan dalam dosis normal, serta jarang menimbulkan keluhan efek samping. Dosis yang dianjurkan pada ibu hamil adalah 400-600 mcg, secara umum pada orang dewasa dapat mentolerir jumlah 1000mcg asam folat per hari. Untuk dosis di atas itu dan dalam waktu lama ditakutkan dapat memberikan gejala seperti nyeri perut, kemerahan pada kulit, diare dan berbagai keluhan lainnya yang akan membaik bila dosis tinggi dan penggunaan asam folat dalam waktu lama dihentikan.
Bunda sebaiknya memberikan informasi pada dokter yang memeriksa Bunda mengenai suplemen apa saja yang Bunda minum, agar dokter bisa memberikan saran yang tepat.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman