SITE STATUS
Jumlah Member :
484.194 member
user online :
1656 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kehamilan

   

Kehamilan
Oleh :


Maaf dok, sy mw bertanya . Saya hamil atau tidak? Ada masalah dengan rahim saya atau tidak. Saya menikah tahun lalu dan saya selalu rutin datang haid cumen kadang seling 2 sampai 5 hari telat. Pada Februari sy haid tgl 28 feb 2016, Maret tidak datang dan dtg pada tgl 11 april 2016 dan haid nya berlangsung lama sampai tgl 18 april 2016. Padahal saya biasanya 3 sampai 4 hari. Haid tgl 11 april sampai 18 april itu banyak se x darah keluar. dan sebelumnya pada tgl 8 sampai tgl 10 (3hari) berlangsung saya hanya bercak saja dan keluar sedikit x di pagi hari. saya test pack negatif setelah itu keluar darah bnyk tgl 11 nya. Lalu tanggal 30 April kmaren saya haid lagi berlangsung 4 hari saja. seperti biasa di akhir bulan dengan tempo 4 hari saja. Dan ini sy sedang menunggu untuk bln 5. Sy merasa sedikit sesak, dan perut keras. Apakah sy hamil? apakah sy ada keanehan di rahim. Yg saya curigakan apa ada masalah di bulan April sehingga telat, ada bercak darah?, haid yang berlangsung panjang? dan dtg lagi cumen selang 12 hari?. Mohon bantuannya dok! Terimakasih dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Untuk memastikan apakah Bunda sedang hamil maka Bunda bisa memeriksa urin dengan alat test pack kehamilan atau mengunjungi bidan maupun dokter Bunda. Bila tidak hamil, maka apa yang terjadi pada Bunda bisa jadi merupakan gangguan menstruasi.
Menstruasi yang datang beberapa kali dalam 1 bulan tidak seperti siklus menstruasi pada umumnya disebut metrorrhagia. Untuk mengetahui apakah yang menjadi penyebab perdarahan ini maka sebaiknya memeriksakan diri pada dokter Spesialis OBSGYN. Penyebab dari perdarahan di luar siklus menstruasi dapat di sebabkan oleh adanya endometriosis, kista, adanya kelainan organik ataupun adanya ganguan hormonal. Penanganan dari perdarahan ini bergantung pada penyebab utamanya. Apabila setelah pemeriksaan tidak di temukan adanya kelainan organik, maka kemungkinan yang terjadi adalah karena faktor hormonal dan dapat diterapi dengan terapi hormonal sampai beberapa siklus mentruasi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman