SITE STATUS
Jumlah Member :
485.710 member
user online :
1393 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cara mengatasi kapicirit pada bayi

   

Cara mengatasi kapicirit pada bayi
Oleh :


Ass...dok,sya mau tanya,anak sya Usianya baru 1 1/2 bulan,tp ana sya mengalami kapicirit terus,itu knpa & bgaimana cara mengatasinya dok?? Terimakasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Pada anak yang menyusui ASI bisa hanya memproduksi tinja dalam jumlah yang sangat sedikit atau tidak mengalami BAB untuk beberapa hari. Hal ini disebabkan oleh terserapnya ASI secara maksimal sehinga menyisakan ampas yang sangat sedikit. Bunda harus memastikan apakah kotoran anak tersebut berjumlah sangat sedikit ataukah memang berupa BAB cair/ mencret atau yang bunda sebutkan kapicirit.

Apabila buang Air Besar (BAB) sebanyak tiga kali atau lebih dalam sehari dengan konsistensi lembek atau encer disertai berbusa ataupun berlendir maka bisa di katakan sebagai diare. Jadi, bila si kecil BAB sering namun feses padat, itu bukan diare. Juga bila feses lembek atau encer namun hanya sekali BAB dalam sehari, itu juga bukan diare. Diare adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan virus atau bakteri yang menjadi penyebab diare. Hal lain penyebab diare pada bayi yang kerap ditemukan  adalah intoleransi laktosa maupun alergi susu sapi bila anak tersebut meminum susu formula yang mengandung susu sapi.

Diare akan sembuh dengan sendirinya setelah virus atau bakteri keluar. Bila tidak ada tanda-tanda seperti diare berdarah, atau muntah terus menerus, dan hilang kesadaran, diare akan sembuh dengan sendirinya. Berikanlah cairan (minum ASI atau susu) yang cukup agar tidak terjadi dehydrasi. Tetapi, bila anak menolak makan dan minum susu atau ASI  segera bawa ke dokter. Konsultasikan untuk mencari penyebabnya bila diare berkelanjutan dan keadaan anak terlihat semakin melemah.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman