SITE STATUS
Jumlah Member :
484.486 member
user online :
2496 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pengobatan pada ibu hamil

   

Pengobatan pada ibu hamil
Oleh :


Dear Dr. Tanti, Saya ingin bertanya. beberapa bulan yang lalu saya pernah keguguran pada usia kandungan 12 minggu. sebelum saya tahu saya hamil, saya makan durian cukup banyak dan saya mengeluarkan flek coklat yang menyebabkan keguguran. sekarang saya sedang hamil kedua diusia kandungan 11 minggu. perut saya terkadang sering nyeri terutama pada malam hari. dokter spog saya memberikan saya banyak obat seperti pregnolin, pronovir methisoprinol, folavit, hystolan, semua obat itu saya diberi resep selama 1 bulan oleh spog saya kecuali spiramycin 1.5 miu dan patral yang diminum hanya 1 minggu. tapi semenjak saya minum spiramycin dan patral saya jadi mual muntah terutama setiap minum obat itu. lalu yang ingin saya tanyakan yaitu, kenapa setiap malam perut saya terkadang nyeri, apa karena posisi tidur saya yang tidak benar? lalu, apa fungsi dari obat pronovir untuk kandungan saya? apakah baik jika diminum sebulan berturut2? apa fungsi dari obat spiramycin miu dan apakah efek sampingnya mual dan muntah? apakah spog saya memberikan spyramicyn ke saya karena saya rawan terkena tokso? terima kasih dokter tanti. jawaban dokter akan sangat membantu saya
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
   Untuk indikasi pengobatan yang Bunda terima sebaiknya kembali ditanyakan kepada dokter yang memeriksa dan memberikan pengobatan pada Bunda maka itu saya hanya dapat membantu menjawab secara umum mengenai pertanyaan Bunda. Keluhan mual umum terjadi pada ibu hamil karena adanya perubahan hormonal yang mempengaruhi tingginya asam lambung. Namun, bisa juga keluhan mual disebabkan oleh penggunaan obat yang mengiritasi lambung, maka itu dalam penggunaan obat sebaiknya digunakan sesuai anjuran misalnya setelah makan atau sebelum makan, disertai dengan obat lambung atau tidak. Bila Bunda cenderung mengalami mual setelah minum obat, maka pada lain waktu dapat menginformasikan hal ini kepada dokter agar dokter Anda dapat mengantisipasi dalam pemberian obat berikutnya. Saya tidak dapat menilai apakah mual yang Bunda rasakan disebabkan karena keadaan mengidam saat hamil ataukah efek dari pengobatan yang Bunda minum, namun tidak menutup kemungkinan dari kedua penyebab tersebut. Pronovir merupakan obat dari golongan antivirus sedangkan spiramycin merupakan obat antibiotika, tanyakan kepada dokter Bunda mengenai kaitannya dengan kasus Bunda.
    Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung anda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS. Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman