SITE STATUS
Jumlah Member :
501.725 member
user online :
822 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi mengedan

   

Bayi mengedan
Oleh :


dok saya mau tanya, anakku umurnya 2 bulan,dari lahir memakai sufor dikarenakan asi tidak keluar, selama ini anak saya sering mengalami gumoh, serta keringat yg berlebihan, ditambah lagi sering ngulet dan neden tetapi karna bukan mau bab, sampai - sampai udelnya yg tadinya bagus menjadi nonjol keluar karena seringnya neden, setiap kali ngulet atau neden mukanya sampai merah kasian saya liatnya, trus anak saya sering menjulurkan lidah keluar, knapa ya dok, setiap pemeriksaan atau imunisasi berat badan selalu bertambah dengan baik dan sehat menurut dokter yg memeriksanya.sedih saya liatnya, apakah tidak cocok dgn sufornya atau ada hal yg lainnya? terimakasih tolong dijawab..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Gumoh dapat terjadi dikarenakan adanya udara dalam lambung bayi sehingga susu yang di minum akan keluar bersamaan dengan keluarnya udara tersebut. Gumoh dapat di cegah dengan cara menepuk punggung bayi setelah minum susu , gendonglah bayi anda dalam posisi tegak, lalu tepuk lembut punggungnya sesaat setelah minum susu sampai bayi anda bersendawa , setelah itu anda dapat menidurkan bayi anda, hal ini dapat mencegah tersedaknya bayi karena udara telah keluar dalam proses sendawa tersebut.
Bayi yang baru lahir tentunya selalu belajar dan beradaptasi dengan dunia di luar kandungan.  Bayi yang baru lahir terkadang terdengar merintih sesekali, terbatuk, mengeluarkan suara saat bernafas, bernafas cepat lalu melambat dan terkadang berhenti sebentar, memiliki gerakan seperti terkejut, memiliki pola tidur dan minum susu yang tidak teratur, juga terlihat seperti mengedan/ mengulet/ stretching. Semua hal itu termasuk wajar kecuali ada gejala lain seperti merintih dan menangis terus menerus, terdapat demam, tidak dapat bernafas dan lainnya. Bila Bunda rajin melakukan penimbangan dan pemeriksaan terhadap bayi anda maka itu sangat baik sekali. Bunda dapat melihat perkembangan dan pertumbuhannya pada grafik di kartu KMS. Bila pertumbuhan dan perkembangan terlihat baik maka tidak ada masalah.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman