SITE STATUS
Jumlah Member :
486.010 member
user online :
2949 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

promil anak kedua 6 bulan setelah melahirkan

   

promil anak kedua 6 bulan setelah melahirkan
Oleh :


saya melahirkan 6 bulan yang lalu. persalinan normal, laki-laki, 2500 gram, 48 cm, sehat. umur 2 hari bayi saya meninggal, tanpa sakit. kemungkinan SIDS. setelah melahirkan saya tidak menggunakan KB dan langsung mulai promil. sampai bulan ini (6 bulan kemudian) belum ada tanda2 positif. kira2 promil yang baik untuk saya itu seperti apa ya? kehamilan pertama saya, saya dapat setelah 8 bulan menikah. terima kasih sebelumnya.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Mendapatkan kehamilan berarti sang suami dan istri keduanya berada dalam keadaan fertil/subur. Apabila menstruasi Bunda teratur, maka diharapkan terjadi ovulasi pada rentang masa subur.

Untuk mendapatkan kehamilan, berhubungan intim sebaiknya dilakukan pada rentang masa subur. Bunda sebaiknya mengetahui rentang masa subur Bunda, pada saat-saat itulah dapat dilakukan hubungan intim agar sperma bertemu dengan sel telur. Di luar masa subur, Bunda dapat melakukan hubungan intim setiap 2 atau 3 hari sekali dalam 1 pekan.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Pada umumnya siklus menstruasi terjadi pada setiap 28 hari. Namun tidak menutup kemungkinan bila setiap individu berbeda jumlah hari siklus menstruasinya bahkan tidak sama dalam setiap bulannya. Bila siklus menstruasi masih berkisar di antara 21-35 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur. Hari pertama haid dihitung sebagai hari ke-1 dalam siklus menstruasi / siklus haid. Masa subur dapat terjadi pada rentang hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.



Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :



Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Selama program kehamilan, Bunda dapat meminun suplemen asam folat dan antioksidan misalnya vitamin C dan vitamin E. Untuk dosis yang tepat sebaiknya Bunda berkonsultasi secara langsung dengan dokter Anda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman