SITE STATUS
Jumlah Member :
481.977 member
user online :
2403 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Anak saya aktif sekali dan cenderung tidak konsentrasi

   

Anak saya aktif sekali dan cenderung tidak konsentrasi
Oleh :


Siang dok, saya mau tanya dok, anak saya cowok umur 3th 10bulan aktif sekali, kalau di sekolah tidak bisa duduk diam seperti teman2nya yang lain. Tidak bisa konsentrasi pada guru yang menerangkan didepan kelas,selalu ada aja tingkahnya,tetapi kalau ditanya gurunya dia bisa jawab. Apakah normal dok anak yang aktif seperti anak saya ini? Selain itu juga, anak saya ini seperti tidak merasa bersalah apabila melakukan kesalahan. Seperti contoh,tidak menurut perintah,main sendiri di kelas, dia tidak merasa itu salah.,dan apabila disetrap gurunya pun dia seperti merasa biasa2 saja. Apa yang harus saya lakukan dok? Makasi dokter.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Anak usia preschool memang wajar jika banyak bergerak dan tidak bisa duduk tenang dalam waktu lama. Maka itu pada anak usia preschool sebaiknya diberikan ruang tempat bermain ataupun aktifitas informal seperti berjalan-jalan ke musium, belajar tentang alam di ruang terbuka dan sebagainya. Aktifitas anak preschool lebih banyak bergerak dibandingkan diam, kemungkinan besar anak usia preschool hanya memiliki waktu berdiam diri yang hanya sebentar misalnya ketika tidur. Batasi aktifitas menonton TV atau bermain komputer atau tablet smartphone yang terlalu lama, karena kegiatan tersebut tidak banyak memerlukan aktifitas fisik sehingga Ia tidak dapat melepaskan energi dan aktifitasnya seperti layaknya usia preschool.
Untuk mendiagnosa bahwa seorang anak mengalami keadaan hyperaktif, bunda harus berkonsultasi kepada dokter spesialis anak. Pada umumnya keadaan hyperaktif anak sulit di diagnosa bila umur anak kurang dari 5 tahun. Penanganan yang biasanya dilakukan adalah mengikuti support group agar antara orang tua yang anaknya mengalami hyperaktif dapat berbagi pengalaman. Anak juga dapat mengikuti therapy untuk lebih meningkatkan fokus dan konsentrasi. Dokter spesialis anak kemungkinan akan memberikan obat-obatan yang dapat membantu sang anak dalam berkonsentrasi.
Tidak perlu khawatir dengan keadaan anak Anda saat ini, jauhkan Ia dari benda-benda tajam dan keadaan yang berbahaya. Berikan waktu dan ruang untuk Ia bebas melakukan aktifitas sambil belajar. Hindari keadaan yang memerlukan duduk yang teralu lama atau acara formal yang terlalu lama karena Ia akan merasa jenuh dan membutuhkan banyak ruang untuk bergerak. Beri perhatian kepada anak anda, berikan penghargaan kepadanya apabila ia mencapai sesuatu (berikan kata-kata pujian seperti; pintar anak mama, anak mama hebat), bacakan cerita untuk membantunya duduk dan berkonsentrasi pada satu hal, atau ajarkan nyanyian dan bernyanyi bersama.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman