SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2354 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pegal dan kram

   

Pegal dan kram
Oleh :


saya menikah udh 8 bulan dok dan belum dikaruniai momongan. saya sedang mengkonsumsi folavit dan ever e. tpi entah setelah mengkonsumsi 2 pekan perut saya kembung,keram dan pinggang saya pegel-pegel. yang ingin saya tanyakan apakah efek dari yg saya minum atau saya mungkin hamil ya. terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda

Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Pada usia kehamilan yang semakin besar, dapat dirasakan kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks) terasa seperti diperas, mengencang atau kram pada daerah perut bawah untuk beberapa detik dan tidak bertambah kuat lalu menghilang. 
 Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman