SITE STATUS
Jumlah Member :
481.841 member
user online :
1783 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tumbuh kembang bayi yg positif igg cmv

   

Tumbuh kembang bayi yg positif igg cmv
Oleh :


Selamat malam dokter, Dok anak saya skrg 9bln,sudah seneng ngoceh dan kdang2 menjerit senang.tp blm bisa mengucapkan 1 kosa kata dgn jelas. Sdh bisa respon misalnya saya br plng dr kerja pngn minta di gendong saya atau menangis jika saya tinggal. Untuk motorik kasar dia blm bisa membalikkan badan sndri dr posisi tengkurap.duduk sdh bisa tanpa aling-alingan. Yg mau saya tanyakan dok, apakah bisa tumbuh kembang scr normal jika anak saya ada riwayat infeksi Igg cmv dgn kons 594 saat lahir tp terakhr cek bln nov sdh 54?? Apakah bisa di lihat tanda2 autis jika anak saya mengalaminya krn efek dr infeksi cmv itu?krn saya takut jika akhirnya anak saya mengalami autis dok. Trma ksh
   
 
dr. Tanti menjawab


 
   Dear Bunda,
   Pemeriksaan Immunoglobulin baik G ataupun M pada pemeriksaan Toxoplasmosis, Rubella ataupun CMV dapat membantu untuk mengetahui waktu terjadinya infeksi. Pada infeksi Rubella, IgM yang dapat terdeteksi sampai pada masa puncaknya 7-10 hari setelah terjadinya infeksi dan akan mulai menurun kemudian tidak terdeteksi. Sedangkan IgG pada rubella mengindikasikan bahwa infeksi tersebut terajdi di masa lampau, dan nilainya mungkin akan menetap dalam jumlah yang tidak tinggi sepanjang hidup. Pada infeksi toxoplasmosis, IgM juga mengindikasikan adanya infeksi yang baru terjadi, IgM terdeteksi 1-2 minggu setelah infeksi kemudian bertahan sampai beberapa bulan lalu menurun dan menghilang. Sedangkan IgG akan mengindikasikan infeksi di masa lampau, kadar IgG akan meningkat 6-8 minggu setelah terjadinya infeksi, akan menetap tinggi bahkan sampai bertahun-tahun kemudian turun sampai nilai yang rendah namun tidak menghilang sepanjang hidup.
   Anak dengan autisme cenderung menyendiri dan terfokus pada suatu hal saja, misalnya menyusun barang berdasarkan ukuran ataupun warna, sulit di ajak komunikasi ataupun berperilaku yang aneh atau tidak seperti anak pada umumnya. Bunda sebaiknya memeriksakan anak Anda pada dokter. Kemungkinan akan dilakukan tes pendengaran atau terapi bicara. Tapi tidak luput dari kemungkinan lainnya seperti kelainan autisme ataupun kelainan konsentrasi, untuk hal ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Bunda dapat melihat tumbuh kembang anak tersebut, apakah sesuai umurnya atau bahkan lebih dulu dibandingkan usianya, dapat melihat perkembangannya melalui chart tumbuh kembang pada kartu KMS.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman