SITE STATUS
Jumlah Member :
484.246 member
user online :
1349 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Minum air kelapa

   

Minum air kelapa
Oleh :


Dear Ib Dokter, di awal kehamilan saya terkadang agak lemas, tetapi saya mencoba untuk minum air kelapa supaya tidak merasa lemas. Pertanyaan saya, apakah memang di trisemester pertama bumil minum air kelapa ? yang ke dua sekarang saya memasuki trisemester kedua,minggu ke 18. kenapa dibetis kanan saya terasa kram ? dan kaki kiri saya terasa bengkak ? saya sekarang sudah mengurangi nasi sebagai karbohidrat dok untuk mengurangi pembengkakan kaki kiri tsb.serta berusaha mengimbangi antara duduk dan berdiri selama di kantor... Apa ada cara lain lagi sehingga tidak terjadi bengkak lagi ? Terima kasih atas solusinya :D
   
 
dr. Tanti menjawab



Dear Bunda,

Air kelapa merupakan cairan isotonik alami, efeknya pada kehamilan dan ibu menyusui tidak banyak diteliti. Keamanan baik jumlah yang aman dikonsumsi pada ibu hamil tidak banyak diketahui tepatnya. Apabila Bunda ingin meminum air kepala, maka sebaiknya meminum dalam jumlah yang wajar serta tidak berlebihan.

Ketika hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri Bunda. Perubahan tersebut termasuk bertambahnya volume cairan di dalam tubuh, bertambahnya berat badan dan beban yang di topang oleh tubuh juga perubahan hormonal.
Bertambahnya volume cairan di dalam tubuh dapat memberikan beban dan menumpuk pada ujung-ujung alat gerak tubuh Bunda seperti tangan dan kaki. Tidak perlu di khawatirka bila keadaan tekanan darah  dan protein urin dalam batas normal. Angkat dan tinggikan kaki Bunda saat beristirahat, lakukan gerakan memompa seperti menekuk dan meluruskan kembali kaki Bunda serta berjalan-jalan ringan. Begitu juga dengan tangan, Bunda dapat memberikan kompres dingin bila terasa nyeri, menggerakkan telapak tangan, mengurangi asupan garam dan minum air yang cukup. Periksakan kehamilan Bunda secara teratur untuk memastikan bahwa keadaan Bunda dalam batas normal.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman