SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
4435 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Gatal dan perubahan warna kulit

   

Gatal dan perubahan warna kulit
Oleh :


Salam kenal ya dok..mau nanya ni ,knpa sejak kehamilan ku menginjak usia 7 bulan mulai gatal2 dan pdhal begitu d garuk ehh tp kok tetap hitam ya d perut paha begitupun ketiak...ohya dok rasa nya malu nnti kalo mau melahirkan krna d selangkangan ku hitam bangets..ap kita hrus maluu ato gmna dok.trma kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

   Karena perubahan hormonal dan juga tertariknya kulit seiring bertambahnya berat badan Bunda dan besarnya kehamilan, keluhan gatal pada kulit seringkali ditemukan. Bila gatal ini menganggu Bunda, hindari mandi air panas, berikan kelembapan pada kulit dengan cara memakai pelembab yang aman bagi wanita hamil, kompres dengan air dingin pada bagian yang gatal bila perlu. Makanlah makanan bergizi dan asupan air minum yang cukup agar tidak dehydrasi dan memperparah kulit kering.
   Selain dikarenakan perubahan hormonal, timbulnya gatal, lecet dan perubahan warna kulit juga dapat dikarenakan adanya gesekan kulit misalnya pada daerah ketiak, paha dan selangkangan. Bila keluhan gatal bertambah parah dan menimbulkan tanda pada kulit yang meluas, maka sebaiknya diperiksa oleh dokter karena bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur atau reaksi alergi yang butuh diobati.
   Bunda tidak perlu malu, berkomunikasilah dengan baik antara Bunda dan para Bidan atau dokter yang akan membantu persalinan Bunda agar kegelisahan dan rasa gugup Bunda berkurang.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman